Mengulik 8 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan yang Patut Anda Coba

Avatar of PortalMadura.com
Mengulik 8 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan yang Patut Anda Coba
Mengulik 8 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan yang Patut Anda Coba

PortalMadura.com- adalah bagian dari kelompok jenis beras dari spesies Oryza Sativa L., dan termasuk diantaranya yakni beras ketan. Bulir hitamnya yang utuh untuk mempertahankan semua sifat alami yang ada dalam beras hitam ini dan tidak perlu melalui proses pemutihan.

Beras hitam ini mempunyai tekstur yang lengket dan terasa gurih seperti kacang sehingga cocok untuk diolah menjadi buubur, makanan penutup, dan kue beras hitam tradisional. Beras hitam ini juga memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan beras putih.

Beras hitam mempunyai salah satu kandungan yakni 18 asam amino esensial dan non-esensial. Asam amino sangat penting untuk fungsi tubuh, mulai dari membantu memperbaik kulit dan jaringan hingga mampu meningkatkan tingkat energi dan kesehatan pencernaan.

Di Samping itu, beras hitam juga kaya akan asam lemak, antioksidan, flavonoid, antosianin, dan senyawa fenoloik lainnya.

Mengulik 8 Manfaat Beras Hitam yang Patut Anda Coba

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Banyaknya kandungan antioksidan dalam beras hitam telah terbukti mampu melindungi dari penyakit jantung.

Flavonoid yang terdapat dalam kandungan beras hitam dikaitkan dengan penurunan resiko pengembangan dan kematian akibat penyakit jantung.

Antosianin yang ada dalam beras hitam dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida.

2. Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat beras hitam salah satunya ada karena berkat kandungan vitamin E yang ada didalamnya. Vitamin E diketahui dapat memperkuat sistem imunitas seseorang dengan memperbanyak dan meningkatkan kualitas sel imun.

Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel atau proses penuaan dini akibat radikal bebas.

3. Melancarkan pencernaan

Beras hitam memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit. Asupan serat yang cukup setiap harinya dapat membuat buang air besar menjadi lancar, sehingga kesehatan usus besar dan tubuh secara menyeluruh juga terjaga.

Selain itu, kandungan antosianin yang ada pada beras hitam juga dapat berperan sebagai prebiotik yang bagus untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh. Bakteri baik ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein yang ada pada beras hitam lebih tinggi dibandingkan yang terdapat pda beras putih ataupun beras merah. Artinya, memakan beras hitam akan lebih mengenyangkan dan dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan lain yang tidak menyehatkan.

5. Baik untuk detoks hati

Hati (Liver) merupakan salah satu organ tu7buh terbesar dan penting bagi manusia yang mempunyai tanggung jawab untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi untuk digunakan dalam tubuh. Hati juga mengatur hormon dan memainkan peran penting dalam detoksifikasi tubuh.

Kandungan fitonutrein yang ada pada beras hitam mampu membantu hati untuk menghilangkan zat beracun secara signifikan dan dapat mengurangi stress oksidatif dalam tubuh, sekaligus membantu un tuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi jaringan lainnya.

6. Bebas gluten

Sama seperti jenis beras lainnya, beras hitam secara alami bebas gluten. Gluten yaitu sejenis protein yang ditemukan dalam semua produk yang mengandung gandum dan/atau barley.

Banyak orang yang menderita alergi terhadap gluten atau orang dengan penyakit celiac mungkin menemukan beras ini membantu dalam mencegah masalah pencernaan yang terkait dengan sensitivitas gluten.

Dan perlu anda ketahui, gluten dapat menyebabkan efek samping seperti kembung dan nyeri perut pada orang-orang yang sensitif terhadap gluten.

7. Menjaga kesehatan mata

Pada beras hitam mengandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah yang tinggi, senyawa ini bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melindungi mata dari radikal bebas yang berpotensi merusak.

8. Meningkatkan Energi

Beras hitam juga mengandung karbohidrat yang mempunyai manfaat sebagai sumber energi Namun, beras hitam lebih kaya akan berbagai macam jenis vitamin B, antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B9 (asam folat). Vitamin-vitamin ini memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari proses pembentukan energi, produksi sel darah merah, hingga regenerasi sel.

Meskipun tidak sepopuler jenis beras lainnya, manfaat beras hitam sangat sayang untuk dilewatkan. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan berat badan, atau sekadar mengubah pola makan menjadi lebih sehat, beras hitam bisa jadi alternatif yang baik untuk nasi putih atau nasi merah.

Meski begitu, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait menu makanan yang sesuai dengan kondisi Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.