oleh

Mobil Jarang Dipakai Karena WFH? Cek Komponen Ini Agar Tak Rusak

PortalMadura.Com – Himbauan kerja dari rumah (Work From Home) sudah dilakukan selama dua pekan minggu ini. Bagi Anda yang memiliki mobil jangan sampai kendaraannya ikut ditelantarkan lantaran jarang dipakai.

Minimal lakukan pengecekan sistem pengapiannya agar mobil siap dipakai ketika dibutuhkan. Dilansir dari Detik.com, Rabu (1/4/2020), disampaikan oleh NGK Busi Indonesia bahwasannya memeriksa busi kendaraan jadi hal yang cukup mudah untuk dilakukan.

“Peralatan yang dibutuhkan pun cukup sederhana, hanya perlu kunci standar untuk membuka kompartemen, kunci busi sesuai mobil masing-masing, serta tambahan kaca pembesar,” tulis NGK.

Jadi busi yang sudah dibuka dan diperiksa dengan gunakan kaca pembesar agar bisa dilihat kondisinya. Biasanya gejala seperti ini carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keharusan normal pun bisa dilihat secara jelas.

Baca Juga: Efek WFH, 3 Risiko Ini Bisa Terjadi Pada Mobil Anda

“Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakkan karbon ataupun tingkat keausan tinggi, kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi pilihan terbaik dibandingkan membersihkannya,” lanjutnya dalam menerangkan.

Proses membersihkannya Anda perlu perhatikan beberapa hal. Jika hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel Anda cukup menggunakan cairan penetran pembersih kampas rem, lalu bersihkan dengan gunakan kain. Ingat, tidak disarankan Anda membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat.

“Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator, maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan itu membantu kita mengembalikan performa busi menjadi seperti baru agar kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin,” ujarnya.

Rewriter : Azizah
Sumber : Detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar