Mokong, Gudang Tembakau di Pamekasan Tetap Gunakan Timbangan Manual

Avatar of PortalMadura.Com
Mokong, Gudang Tembakau di Pamekasan Tetap Gunakan Timbangan Manual
dok. Tembakau Rajangan

PortalMadura.Com, yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tetap tidak menggunakan timbangan elektronik untuk melakukan transaksi tembakau dengan masyarakat.

, Imam Hidayat mengungkapkan, pada tahun 2011 pihaknya telah melakukan pengadaan timbangan elektronik untuk dipinjamkan kepada gudang setiap musim tembakau. Tetapi justru gudang enggan menggunakannya dengan alasan takut rusak.

“Alasannya takut rusak, karena timbangan elektronik itu cepat rusak katanya. Jadi timbangan elektronik yang kami pinjamkan itu diletakkan saja di gudang,” katanya, Jumat (31/8/2018).

Dia menambahkan, pengadaan timbangan elektronik itu dimaksudkan agar takaran tembakau milik petani lebih transparan, sebab jika menggunakan timbangan manual rawan disalahgunakan untuk mendapat keuntungan semata dan petani yang dirugikan.

“Ada sekitar 30 timbangan elektronik yang kami punya, setiap musim panen tembakau kami tawarkan ke gudang-gudang, tetapi gudang tetap tidak mau. Bahkan, kami antarkan langsung ke gudang,” pungkasnya. (Marzukiy/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.