Molor? Daftar Daerah Kering di Pamekasan Direvisi

Avatar of PortalMadura.com
Molor? Daftar Daerah Kering di Pamekasan Direvisi
dok. Ist. net. BPBD-Pamekasan

PortalMadura.Com, – Memasuki musim kemarau 2018, daerah yang rawan kering di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, belum ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono menyampaikan, daftar daerah kering yang sebelumnya telah diajukan kepada penjabat bupati untuk diterbitkan Surat Keputusan (SK) harus direvisi lantaran ada pengajuan baru dari tingkat desa.

“Masih direvisi mas, karena ada daerah yang tahun lalu tidak masuk daerah kering sekarang diajukan oleh kepala desanya. Sekarang kita sedang menunggu pengajuan dari camat lagi,” katanya, Selasa (3/7/2018).

Ditambahkan, pihaknya tidak bisa menentukan kapan revisi itu selesai, tetapi yang pasti pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan untuk segera mengirim daftar daerah kering agar bisa cepat ditetapkan oleh Pj Bupati sebagai pemegang kebijakan tingkat kabupaten.

“Kita tidak bisa menentukan sampai kapan, tapi kami sudah minta kepada kecamatan untuk sesegera mungkin diperbarui. Karena begini, satu desa itu tidak mungkin kekeringan semua, kita usahakan secepatnya mas,” pungkasnya.

Berdasarkan data pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, pada tahun 2016 ada 80 desa dan 323 dusun yang mengalami kekeringan. Sementara pada tahun 2017, tetap 80 desa yang kekurangan air bersih, tetapi jumlah dusunnya berkurang menjadi 310 dusun. Tahun 2018 ini pun diprediksi tidak jauh berbeda. (Marzuki/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.