oleh

Moms, 6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Tanpa Efek Samping

PortalMadura.Com – Salah satu masalah yang dihadapi oleh ibu yang baru saja melahirkan adalah perut melar atau buncit. Mengecilkan perut setelah melahirkan tampaknya menjadi PR yang selalu keteteran.

Tak heran banyak muncul fenomena ibu yang baru melahirkan menjadi lebih gemuk dan berujung pada krisis percaya diri. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengembalikan bentuk perut seperti semula.

Meskipun banyak orang bilang bahwa diet adalah cara mengecilkan perut yang tercepat, namun para ahli justru berpendapat sebaliknya. Kehilangan banyak kalori dalam waktu singkat bukanlah cara yang baik, terlebih jika Anda tengah menyusui. Lalu gimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang aman dan nyaman?

6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Berikut ini beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan secara alami dan tanpa efek.

Makan dengan porsi sedikit

Jika selama ini Anda tipikal orang yang makan dalam porsi besar, ada baiknya diubah menjadi makan dengan porsi sedikit dengan kurun waktu yang cukup sering. Langkah ini merupakan cara mengecilkan perut yang sangat efektif karena mencegah terjadinya penumpukan lemak serta kalori di dalam tubuh. Dengan cara ini berat badan dapat terkontrol dengan baik.

Terapkan pola hidup sehat

Makan makanan yang tepat akan sangat membantu menurunkan berat badan, termasuk lemak perut. Sebisa mungkin hindari makanan siap saji karena bisa menyebabkan menambah lemak di sekitar perut dan hindari minuman dengan kandungan gula. Minuman ini bisa menambah lemak perut, dan akan sangat susah menghilangkannya

Anda bisa menghilangkan lemak perut dengan mengonsumsi makanan yang tepat, berupa variasi buah, sayur, karbohidrat kompleks, dan protein.

Melakukan olahraga ringan

Kebanyakan ibu mungkin terlalu kurang tidur dan kewalahan untuk berpikir tentang olahraga, apalagi untuk langsung mengecilkan perut setelah melahirkan. Jika merasa tidak sanggup untuk melakukan olahraga berat, Anda bisa melakoni olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di rumah sendiri seperti senam.

Ketika Anda melakukan kegiatan olahraga dengan teratur, Anda dapat mengencangkan kembali otot-otot yang kendor menjadi kembali kencang. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menarik perut ke bagian perut dalam dengan cara mengontraksikan pada otot perut, kemudian tahan beberapa menit.

Baca Juga: 6+ Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

Perbanyak mengonsumsi air putih

Terdengar remeh, namun memperbanyak mengonsumsi air putih memiliki banyak manfaat lho. Air putih berfungsi untuk membersihkan semua organ di dalam tubuh terutama pada saluran pencernaan dari berbagai macam penyakit dan racun.

Dengan banyak mengonsumsi air putih dapat mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh sehingga dapat memperbanyak air yang keluar pada sistem pencernaan.

Menyusui

Menyusui adalah salah satu cara mengecilkan perut paling mudah setelah melahirkan. Selain baik untuk menambah imunitas bayi, menyusui juga membantu membakar kalori tubuh lho terutama 6 bulan setelah melahirkan.

Tak tanggung-tanggung, menyusui dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar yakni 500 hingga 700 kalori perhari. Tanpa sadar Anda sedang berusaha mengecilkan perut saat tidak melakukan apapun.

Banyak bergerak dan jalan kaki

Saat baru melahirkan Anda mungkin tidak bisa melakukan banyak kegiatan yang berat. Nah, berjalan kaki bisa jadi olahraga yang sangat mudah. Olahraga kecil ini dapat mengembalikan kebugaran setelah melahirkan dan merupakan salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

Anda juga bisa mengajak serta buah hatimu saat jalan kaki agar lebih semangat.

Nah, itu tadi beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Untuk memperkecil resiko pasca persalinan ada baiknya berkonsultasi dulu bersama dokter untuk memastikan keadaan tubuhmu mampu untuk melakukan berbagai gerakan.

Rewriter: Nurul Hijriah
Sumber: liputan6.com

Komentar