Moms, Ini 5 Cara Efektif Atasi Si Kecil yang Gemar Rebut Mainan Temannya

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 5 Cara Efektif Atasi Si Kecil yang Gemar Rebut Mainan Temannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti bahagia melihat buah hatinya memiliki banyak teman dan bermain bersama teman sebayanya. Apalagi jika mereka terlihat akrab dan dekat. Sayangnya, bagi dunia bermain bersama bisa menjadi awal masalah baru.

Misalnya, Anda pernah mendapati si kecil merebut temannya?. Hal ini tentu membuat Anda serba tidak enak karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang tua teman anak Anda. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah anak yang gemar merebut mainan temannya?.

Berikut lima cara mengatasi anak yang gemar mengambil dan merebut mainan temannya:

Biasakan untuk Meminta Izin
Jangan menunggu usia anak bertambah untuk mengajarkan tentang sopan santun. Sebaiknya, biasakan si kecil untuk selalu meminta izin saat memakai barang yang bukan miliknya. Hal ini akan membantu anak Anda membiasakan diri untuk bersikap santun kepada yang lain.

Jadilah Panutan
Anak lebih mudah untuk meniru daripada mendengar. Maka jangan ragu untuk menjadi panutan yang baik bagi si kecil. Biasakan untuk berbagi kepada yang lain, hal ini akan membuat anak Anda merasa nyaman saat ia berbagi dengan teman bermainnya.

Segera Melarangnya
Saat mengetahui si kecil merebut mainan milik temannya, segera melarangnya. Jangan menunggu lama. Hal ini dapat membantu memberi pemahaman kepadanya bahwa apa yang ia lakukan tidak selayaknya dilakukan.

Minta Anak untuk Minta Maaf
Setelah berhasil melarang si kecil untuk merebut mainan temannya, segera minta anak untuk meminta maaf. Pastikan kondisinya sudah tenang.

Minta anak Anda untuk mengembalikan barang yang ia rebut, minta maaf dan biarkan ia dan temannya kembali bermain bersama.

Bersikaplah Konsisten
Berhasilnya Anda mendidik anak selalu ada hubungannya dengan pasangan. Maka jangan ragu untuk bersikap konsisten dengan apa yang Anda lakukan.

Yakinlah dengan apa yang Anda lakukan, tidak perlu merasa rendah diri. Anda yang lebih tahu bagaimana cara terbaik menghadapi si kecil, bukan orang lain. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.