Moms, Ini 6 Tips Jitu Bikin Si Kecil Betah di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
Bikin Anak Betah di rumah
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti akan merasa senang bila buah hatinya betah tinggal di rumah. Sayangnya, terkadang anak-anak lebih suka menghabiskan waktu dan bermain di luar rumah. Padahal bermain di rumah memiliki berbagai manfaat, salah satunya bisa menjalin kedekatan antara orang tua dan anak.

Namun, jika memaksanya tentu bukan tindakan yang bijaksana. Ketimbang menghabiskan energi dengan mengomeli anak supaya betah di rumah, Anda perlu mengetahui cara tepat membuat si kecil betah di rumah.

Lantas, bagaimana caranya?. Yuk, disimak berikut ini:

Ciptakan Suasana Rumah yang Bersih dan Nyaman
Tatalah rumah dengan baik, rapi, dan bersih, sehingga anak menjadi lebih nyaman berada di dalamnya. Anda juga bisa mengajarkan anak-anak untuk belajar melakukannya.

Mulai dari hal kecil seperti mengembalikan mainan di tempatnya atau membersihkan kamar menggunakan sapu dan pel. Selain itu, agar suasana rumah menjadi nyaman, ciptakan komunikasi yang baik agar rumah terasa hangat dan harmonis.

Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah Tangga
Ketika Anda sedang menjalankan pekerjaan rumah tangga seperti memasak, membereskan kamar, atau mencuci mobil, ajak anak untuk ikut andil dalam pekerjaan tersebut. Mulai dari yang sederhana seperti mencuci sayur atau membersihkan tempat tidur. Sesuaikan jenis pekerjaan dengan usia anak.

Ubah Dekorasi Kamar Anak
Jika Anda merasa kamar anak memiliki tampilan yang begitu-begitu saja, mungkin sudah saatnya untuk mengganti cat dinding kamar anak. Tanyakan warna yang diinginkan agar anak merasa berpartisipasi serta merangsang kreativitasnya.

Perubahan dekorasi lain yang bisa dilakukan adalah menempelkan stiker glow in the dark di dinding atau menambahkan hiasan yang merupakan hasil karya anak.

Temani Anak Saat Bermain di Rumah
Pada usia 4-6 tahun, anak biasanya mulai menyadari bahwa mereka membutuhkan teman bermain. Perhatikan dan berikan respon ketika anak mengajak bermain.

Anda juga bisa mengizinkan teman anak atau saudara untuk main ke rumah. Jika Anda seorang pekerja kantoran, berikan pengertian kepada pengasuh atau keluarga yang mendampinginya dan lakukan saat akhir pekan tiba.

Kenali Bakat Anak
Apakah sebagai orangtua Anda sudah mengenali bakat anak?. Jika ya, Anda bisa mengarahkan bakat atau minat anak di dalam rumah. Misalnya, anak memiliki hobi memasak atau bermain musik, Anda bisa memberikan fasilitas agar kegiatan itu bisa dilakukan di dalam rumah. Selain memiliki kegiatan yang bermanfaat, minatnya akan tersalurkan dengan cara yang tepat.

Buat Kemah di dalam Rumah
Hampir setiap anak menyukai kegiatan berkemah. Agar anak tidak bosan di rumah, dirikan tenda di halaman dan ajak anak tidur di dalamnya bersama anggota keluarga yang lain.

Jika Anda tidak memiliki halaman yang mendukung, tidak ada salahnya untuk membangun tenda di dalam rumah seperti di ruang keluarga atau di dalam kamar anak. (liputan6.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.