Moms, Ini Cara Jitu Bikin Bayi Cepat Tidur Menurut Psikolog

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini Cara Jitu Bikin Bayi Cepat Tidur Menurut Psikolog
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu perjuangan orang tua yang cukup berat selain merawat bayi adalah menidurkannya. Apalagi bagi Ibu baru, membuat si kecil agar cepat tidur bisa butuh waktu yang lama.

Terlebih, bila bayi Anda memiliki jam tidur yang tidak menentu, pasti hal ini kerap membuat para orang tua begadang untuk menemaninnya. Jika buah hati Anda tidak tidur tepat waktu, tentu jam tidurnya bisa berkurang. Padahal, idealnya bayi tidur selama 18 jam per hari. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus memilih cara yang tepat agar si kecil tidur teratur dan tepat waktu.

Seperti yang dijelaskan seorang Psikolog, Roslina Verauli, M.Psi, hal pertama yang dilakukan ialah membuat kamar anak senyaman mungkin. Dengan mengatur suhu ruangan, lampu saat tidur, serta mengenalkan pada anak bahwa sudah malam bisa membantu anak tidur tepat pada waktunya saat malam hari. Dengan cara ini, anak pun bisa lebih mudah beradaptasi dan membedakan mana siang dan malam.

Lantas, haruskah si kecil tidur dengan orang tua?. Roslina mengatakan, hasil penelitian yang menganjurkan saat masih berusia tiga bulan sebaiknya anak tidur dengan neneknya atau pengasuh.

“Di usia 2-3 bulan bayi bisa dekat dengan siapa saja. Boleh minta bantuan ke siapa pun, namun saat menginjak usia 4-6 bulan usahakan dengan orang tua karena si kecil sudah mulai bisa mengingat orang tua. Usia 7 bulan ke atas anak akan selalu ingin dekat dengan orang tua,” ujarnya.

Selain itu, ada cara lain yang bisa membantu anak cepat tidur. Yaitu, dengan mengusap bagian tengah kepalanya hingga punggung dengan gerakan satu arah untuk membuatnya merasa nyaman.

Nah, dengan Anda mencoba cara-cara di atas, Anda bisa membantu si kecil untuk tidur tepat waktu. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.