Moms, Ini Manfaat Anak Belajar Musik Sejak Usia Dini

Moms, Ini Manfaat Anak Belajar Musik Sejak Usia Dini
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mendidik anak dengan cara mengasah bakat akademiknya memang penting dilakukan. Akan tetapi, ada hal lain yang juga penting dilakukan orang tua demi kebaikan anak yaitu tentang kepercayaan diri dari si kecil.

Terkadang anak pintar dalam akademiknya tapi mereka kurang percaya diri jika melakukan sesuatu. Mencoba membuka sudut pandang anak selain belajar akademik juga sangat penting dilakukan. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan musik pada dirinya sejak usia dini. Pasalnya, mengajarkan alat musik pada anak bisa membawa banyak hal positif bagi perkembangan dirinya. Ingin tahu apa saja?. Yuk simak penjelasan berikut:

Meningkatkan Kemampuan Akademik
Mungkin bagi Anda, matematika dan alat musik tidak ada hubungannya. Padahal, bermain alat musik dapat membuat otak anak lebih cepat memahami matematika. Menurut Mary Larew, guru biola di Neighborhood Music School, New Haven, Connecticut, alat musik membuat anak mudah memahami fisika dasar.

Seperti memetik senar gitar atau biola, dapat mengajarkan anak tentang getaran harmonik dan simpatik. Bahkan instrumen non-string, seperti drum dan vibraphone, membuat anak cepat memahami prinsip-prinsip ilmiah.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Mengembangkan Keterampilan Fisik
Selain meningkatkan kemampuan akademik, bermain alat musik juga bisa mengembangkan keterampilan fisik. Menurut Kristen Regester, Manager Program Pendidikan Anak Usia Dini dari Sherwood Community Music School di Columbia College Chicago, bermain alat musik yang memadukan gerakan tangan, lengan, dan kaki secara bersamaan, seperti perkusi dan piano, dapat melatih keterampilan motorik.

Memupuk Keterampilan Sosial
Saat memutuskan untuk mendaftarkan anak ke sekolah musik, anak tidak hanya mendapat keterampilan bermain musik. Perubahan dinamika seperti cresscendo atau accelerando yang akan ditemui saat belajar bermain musik ternyata dapat meningkatkan kemampuan anak beradaptasi sekaligus kerja tim.

Mengajarkan Disiplin dan Kesabaran
Belajar bermain musik tentu melatih anak agar disiplin dan sabar, seperti mengikuti proses latihan sampai akhirnya mahir atau menunggu giliran latihan.

Membangun Kepercayaan dan Harga Diri
Tanpa disadari, bermain alat musik juga dapat membangun kepercayaan diri pada anak, terlebih saat anak diharuskan tampil di depan umum. Apalagi jika anak mendapat pujian dan tepukan saat tampil dalam konser mini.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Memperkenalkan Budaya
Tentu sekolah musik tidak hanya mengajarkan anak satu macam jenis musik dan instrumen. Anak akan diajarkan beragam jenis musik dan instrumen agar kemampuan bermusiknya semakin kaya. Termasuk memperkenalkan alat musik tradisional dan lagu-lagu daerah.

Moms, itulah beberapa manfaat yang bisa diambil jika anak belajar musik. Jangan halangi anak untuk bereksperimen dan menyalurkan bakatnya ya. Karena dengan dia belajar musik kemungkinan akan berpengaruh juga pada kemampuan akademiknya. Intinya tetap dalam pengawasan yang baik dari Anda sebagai orang tua. (dream.co.id/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.