oleh

Moms, Kenali 5 Cara Ajarkan Anak Sopan Santun Sejak Dini

PortalMadura.Com – Mendidik anak tidak hanya fokus pada intelektualnya saja, namun juga perlu mengajarkan si kecil tentang etika dalam sebuah kehidupan. Salah satunya tentang sopan santun.

Dalam mengajarkan etika tersebut bisa di mulai dari lingkungan rumah. Sehingga di manapun keberadaan anak, mereka akan selalu bisa bertindak sopan terhadap orang yang lebih tua.

Untuk itu, berikut ini lima cara yang bisa diterapkan orang tua dalam mengajarkan si kecil sopan santun, melansir dari laman Haibunda.com, Kamis (29/8/2019):

Baca juga: Moms, Ini 3 Cara Ajarkan Kids Zaman Now Agar Tahu Sopan Santun

Beri Contoh pada Anak

Dikutip dari Education, bahwa orang tua harus mencontohkan ke anak sikap yang sopan pada orang lain. Kemudian bicaralah dengan nada yang baik pada si kecil. Dengan demikian, anak dapat meniru apa yang dilakukan orang tua.

Ajari Anak Berterima Kasih

Saat anak menerima pemberian dari orang lain, ajarkan mereka untuk mengucapkan terima kasih. Begitu pula ketika si kecil meminta bantuan pada orang lain, latih anak berbicara yang baik dan meminta maaf ke orang lain jika melakukan kesalahan.

Ajari Anak Mengucapkan ‘Tolong’ dan ‘Terima Kasih’

Ajari anak mengucapkan ‘tolong’ saat meminta sesuatu dan mengucapkan ‘terima kasih’ saat permintaannya dipenuhi. Hal ini sudah bisa diajarkan pada anak sejak usia balita. Perilaku sopan juga bisa ditanamkan pada anak dengan selalu menggunakan nada bicara yang baik dan sikap yang menyenangkan saat berinteraksi dengan orang lain.

Dengan mengajarkan hal tersebut, anak bisa jadi sosok yang lebih baik, bisa tumbuh jadi lebih percaya diri dan memiliki harga diri yang lebih baik.

Ajari Anak Disiplin

Mengajarkan anak disiplin dalam segala hal merupakan bentuk dari sikap sopan santun, seperti mengerjakan PR sebelum tidur, menggunakan ponsel di waktu tertentu, dan mengajak makan di tempat makan.

Selain itu, usahakan bertanya pada anak apa kegiatannya di sekolah. Dengan begitu, anak terbiasa terbuka dengan orang tua, demikian dilansir Kids Health.

Beri Solusi

Ketika si kecil menceritakan masalah yang dialaminya di sekolah atau dengan teman bermainnya, orang tua bisa memberikannya solusi. Ajak anak untuk berkomunikasi dan diskusikan apa solusi yang bisa dilakukan. Dengan melakukan hal ini, anak akan merasa didengar dan dimengerti serta mereka akan melakukan hal itu pula pada orang lain.

Rewriter : Salimah
Sumber : haibunda.com

Komentar