Moms, Lakukan 4 Cara Cerdas Ini Agar Anak Semangat Sekolah

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Lakukan 4 Cara Cerdas Ini Agar Anak Semangat Sekolah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebulan lebih anak-anak libur sekolah, tentunya untuk kembali masuk di hari pertama menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Karena kebiasaan anak-anak waktu libur seperti tidur lebih larut, menonton televisi, bangun siang dan lain sebagainya, akan kembali ke rutinas awal sebelum liburan.

Hal itu tentu saja bukan perkara mudah. Orang tua perlu mengatur kembali jadwal anak seperti sedia kala. Namun, orang tua tidak perlu khawatir. Ini beberapa cara efektif untuk orang tua lakukan agar anak kembali bersemangat masuk sekolah. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

Mulai Membaca Buku Terkait Pelajaran
Liburan bisa membuat anak Anda lupa akan pelajaran di sekolah. Untuk mengingatkan anak kembali akan pelajaran disarankan mulai menyelipkan beberapa buku edukasi ke dalam bacaannya saat liburan. Buku edukasi yang menarik dan penuh gambar bisa membantu anak menyimak dengan senang. Orang tua bisa memilih beragam pilihan buku edukasi berdasarkan minat dan kesukaan anak. Buku edukasi dengan gaya tulisan atau gambar bercerita juga bisa menjadi alternatif bacaan diwaktu malam sebelum anak Anda tidur.

Tidur Cukup dan Mulai Bangun Pagi
Mengembalikan jam tidur menjadi normal juga penting untuk membiasakan anak-anak menghadapi rutinitas bersekolah. Dengan jumlah jam tidur yang cukup dan membiasakan kembali bangun pagi dan berkegiatan seperti mandi dan sarapan akan membuatnya merasa lebih segar ketika bangun di pagi hari dan memulai harinya saat kembali ke sekolah nanti.

Bantu Anak Membuat Daftar Kegiatan Yang Dinanti Saat Sekolah
Selain mengingatkan untuk belajar, anak Anda juga akan semangat apabila diingatkan aktifitas yang dapat mereka lakukan di sekolah, terutama yang melibatkan teman-temannya. Bantu mereka untuk menyusun daftar kegiatan yang bisa dilakukan setelah sekolah mulai.

Selain itu coba untuk ajak anak Anda bertemu dan bermain dengan teman-teman baiknya di sekolah menjelang akhir liburannya. Sehingga dia akan mengingat betapa serunya rutinitas bersekolah bersama dengan temannya itu dan menanti saat sekolah dimulai dengan gembira.

Persiapkan Kebutuhan Sekolah Baru
Perlengkapan sekolah baru juga bisa menjadi hal yang membuat anak semangat bersekolah. Mulai dari seragam, sepatu, tas, alat tulis sampai aksesoris yang lucu dan imut dengan beraneka bentuk. Dengan datang ke mall dan department store mungkin akan memakan waktu lama dan meletihkan, terlebih lagi dengan kondisi harus tetap memperhatikan aktifitas anak Anda.

Namun dengan berbelanja online, mempersiapkan perlengkapan Anak untuk kembali bersekolah dapat dilakukan dimana saja, bahkan saat liburan di luar kota masih berlangsung. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.