Musim Hujan, Penyakit Ispa di Sumenep Tetap Tinggi

Avatar of PortalMadura.Com
Musim Hujan, Penyakit Ispa di Sumenep Tetap Tinggi
dok. Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fatoni

PortalMadura.Com, – Meski sudah memasuki musim penghujan, masyarakat Sumenep, Madura, Jawa Timur, tetap harus waspada dengan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa). Laporan dari sejumlah Puskesmas, setiap harinya mencapai kisaran 20 pasien yang harus ditangani.

“Dari 30 Puskesmas di Sumenep, pasien yang dirawat antara 10 hingga 20 kasus setiap harinya,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fathoni, Rabu (14/12/2016).

Angka tersebut tergolong tinggi. Penyebabnya, uap air cukup tinggi pada musim hujan tahun ini, sehingga selain oksigen, uap air juga dihirup oleh manusia.

“Kalau kondisi fisik tidak stabil akan mudah terserang batuk dan infeksi saluran pernapasan. Untuk itu kami sudah melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar waspada ispa, dengan menyediakan alat kesehatan, dan obat-obatan. Jika perlu lakukan rawat inap,” terangnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat, agar menghindari makan-makanan yang berbahan es.” Makanan yang dikonsumsi harus diseleksi, kalau berbahan es jangan terlalu banyak dikonsumsi,” tandasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.