oleh

Musim Penghujan, Bau TPA Sampah Dikeluhkan Warga

PortalMadura.Com, Pamekasan – Memasuki musim penghujan, bau sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Desa Angsanah, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur dikeluhkan oleh warga sekitar lantaran bau semakin menyengat.

Nawawi (35) warga Dusun Banyumas, Desa Klampar, Kecamatan Proppo menuturkan, daerahnya yang berdempetan dengan lokasi TPA sangat merasakan bau sampah setiap harinya. Apalagi memasuki musim penghujan seperti sekarang.

“Orang yang rumahnya dekat dengan TPA, terutama warga Dusun Banyumas merasakan bau busuk dan mengganggu terhadap kesehatan. Ini efek yang kami rasakan,” keluhnya, Selasa (22/12/2015).

Menurutnya, selain bau busuk, dampak negatif lainnya yang dirasakan masyarakat adalah banyaknya lalat yang meluber hingga rumah penduduk. Dengan kondisi tersebut, warga di sekitar TPA rawan terserang penyakit berbahaya. Seperti penyakit demam berdarah dan lain sebagainya.

Program pembuatan biogas dari sampah yang dicanangkan pemerintah, kata Nawawi tidak maksimal. Buktinya, saluran biogas kepada rumah penduduk yang dijadikan uji coba saat ini sudah macet. Artinya tidak ada timbal balik yang dapat dimanfaatkan masyarakat dari sampah tersebut. (Marzukiy/choir)


Komentar