oleh

Pengendalian Banjir 2015 Kuras Anggaran hingga Rp10 Miliar

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menghabiskan anggaran hingga Rp10 miliar di tahun 2015 dalam proyek pengendalian banjir.

Kepala Dinas PU Pengairan Pamekasan, Achmad Syaifuddin mengatakan, adapun program pengendalian banjir tersebut berupa normalisasi saluran, refungsi saluran atau sungai berupa pemasangan box colvert, peningkatan kapasitas saluran dan sungai berupa pembangunan farabed.

“Seperti saluran Blumbungan-Kolpajung, Kemudian di Manten dan Jagalan. Itu semua dalam rangka peningkatan kapasitas salurannya supaya air tidak meluber kemana-mana. Kalau sungai itu seperti sungai Kalowang di belakang hotel putri,” jelasnya, Selasa (22/12/2015).

Dikatakan, dalam pengendalian banjir tersebut ada kaitannnya dengan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lain. Seperti Dinas PU Bina Marga yang menangani trotoar dan saluran di pinggir jalan, PU Cikatarung yang memiliki wewenang saluran pada permukiman warga, Satpol PP dalam pembenahan bangunan di atas saluran dan Dishutbun. termasuk juga peran serta masyarakat.

“Untuk penanggulangan banjir ini di tahun 2015 sekitar Rp10 miliar lah, tapi angkanya saya tidak tahu pasti,” kilah dia. (Marzukiy/choir)


Komentar