oleh

Muslim, Ini 5 Cara Agar Anda Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa

PortalMadura.Com – Saat memasuki bulan Ramadan, semua orang muslim diwajibkan untuk berpuasa. Maka ketika berpuasa, Anda dilarang untuk makan dan minum dari setelah imsak hingga masuk waktu maghrib. Namun, cukup banyak orang yang sebelum memasuki waktu boleh makan sudah merasa lapar dan haus, apalagi untuk hari pertama.

Oleh karena itu, saat berpuasa seseorang harus mencari cara agar saat berpuasa tidak mudah lapar dan haus walaupun aktifitas tetap berjalan sebagaimana adanya. Maka, hal itu bisa membantu Anda menjalankan puasa bisa tetap tahan sampai waktu berbuka tiba.

Berikut lima cara yang dapat Anda lakukan agar tidak mudah lapar dan haus saat berpuasa:

Waktu Sahur
Ada yang memiliki kebiasaan sahurnya dekat waktu imsak tidak?. Jika ada, maka harus diubah itu pola makan sahurnya. Usahakan jangan sampai deket banget dengan waktu imsak, karena makan dengan buru-buru bisa membuat Anda mudah lapar di pagi harinya.

Makan dengan Perlahan
Cara agar tidak mudah lapar dan haus saat berpuasa yang ke-dua ini berhubungan dengan poin yang pertama. Jadi, Anda ketika makan sahur jangan terlalu dekat dengan waktu imsak agar Anda bisa makan dengan perlahan.

Makan dengan perlahan akan membuat makanan dicerna lebih optimal. Sehingga nutrisi makanan untuk tubuh bisa bertahan hingga saat berbuka puasa. Memang mengakhiri sahur itu disunahkan, namun sebaiknya Anda bisa mengatur waktu makan sahur Anda supaya tidak buru-buru.

Konsumsi Air Putih
Mengonsumsi air putih sangat dianjurkan pada saat sahur dan berbuka. Hal ini untuk memberikan tubuh cairan yang cukup dari imsak hingga maghrib.

Mengonsumsi air putih juga bisa menghindari Anda dari dehidrasi sehingga kulit Anda akan tetap lembab.

Konsumsi Buah
Anda pernah mendengar anjuran untuk mengonsumsi tujuh biji kurma?. Ternyata, mengonsumsi tujuh biji kurma bisa menghindari rasa lapar pada saat berpuasa. Kurma mengandung gula dan air yang sangat baik.

pada saat berbuka, lambung butuh makanan yang mudah dicerna dan mengandung gula dan air. Misalnya di rumah Anda kebetulan belum ada kurma, bisa juga diganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang lain.

Beraktivitas
Berpuasa bukan berarti Anda harus bermalas-malasan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Apalagi jika sudah makan sahur, jangan langsung tidur. kalau Anda tidur maka Anda akan bangun dengan rasa lapar dan lemas. Lakukan Aktivitas yang bermanfaat agar Anda tidak mengantuk. (klikcara.com/Salimah)


Komentar