Muslim, Inilah Posisi Tidur Yang Dilarang Rasulullah

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim, Inilah Posisi Tidur Yang Dilarang Rasulullah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Islam merupakan agama sempurna yang mengajarkan dengan detail, menganjurkan setiap kebaikan maupun melarang setiap keburukan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, termasuk mengenai aktivitas tidur.

menganjurkan umatnya agar selalu menghadap ke kanan ketika akan tidur. seperti ini tidak hanya sekedar sunah, namun ternyata memiliki khasiat jika dikaji secara medis.

Selain posisi tidur yang dianjurkan, ada pula posisi tidur yang sangat dimurkai Allah SWT. Bahkan disebut-sebut bahwa posisi ini merupakan ciri penghuni neraka. Berikut penjelasannya:

Ternyata posisi tidur yang dan dimurkai Allah, yaitu posisi tengkurap. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadisnya ketika Beliau mendatangi sebuah masjid. Beliau melihat seorang yang tinggal di masjid Nabawi sedang tidur tengkurap.

Kisah yang diriwayatkan oleh Thakhfah Al-Ghifari ra, salah seorang yang tinggal di masjid Nabawi berkata: “Aku tidur di masjid pada akhir malam, kemudian ada orang yang mendatangiku sedangkan aku tidur dengan posisi tengkurap. Lalu dia berkata: “Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang demikian adalah tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah.” Kemudian aku angkat kepalaku, maka ketika kulihat ia adalah Rasulullah, maka akupun kemudian bangkit,” (HR. Bukhari).

Dalam riwayat lain Rasulullah menjelaskan bahwa posisi tidur tengkurap adalah posisi tidurnya para penghuni neraka. Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang artinya: “Tidur tengkurap adalah posisi tidurnya penghuni neraka,” (HR. Ibnu Majah).

Allah SWT dan Rasul-Nya tentu tidak akan melarang sesuatu hal jika hal tersebut berbahaya bagi manusia. Secara medis, tidur dengan posisi tengkurap berbahaya bagi tubuh sehingga Allah SWT melarang, bahkan memurkai posisi ini.

Ternyata, Ilmu kedokteran modern pun membuktikan bahwa memang tidur tengkurap berbahaya. Tidur ini dapat mengganggu pernafasan, otot dada dan organ pernafasan tidak dapat bekerja maksimal karena tehimpit. Dengan posisi tersebut dada akan menjadi tertekan dan membuat nafas menjadi sesak.

Selain bagi pernafasan, tidur dengan posisi ini juga dapat menghimpit jantung. Dalam jangka waktu lama posisi seperti ini dapat membahayakan kesehatan jantung. Fungsi otak juga bisa terganggu dengan posisi ini. Pasalnya, aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh begitu pula ke otak menjadi terganggu karena terhimpitnya jantung. (muslimahzone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.