Muslim Wajib Baca, Ini 4 Alasan Imsak Waktu Terbaik Untuk Sahur

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim Wajib Baca, Ini 4 Alasan Imsak Waktu Terbaik Untuk Sahur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Makan atau minum setelah tanda imsak berbunyi, tidak diragukan lagi sebagai tanda peringatan hati-hati agar orang yang sedang bisa segera menghabiskan makanannya.

Makan sahur setelah tanda imsak atau mendekati azan Subuh, kira-kira lima belas menit sampai tiga puluh menit sebelum azan Subuh merupakan sunah Rasulullah. Bahkan beberapa kalangan menyatakan waktu imsak sebagai waktu untuk berhenti makan sahur adalah bid'ah yang menyesatkan.

Zaid bin Tsabit menyatakan bahwa setelah sahur biasanya Rasulullah langsung melaksanakan salat Subuh. Artinya, beliau biasanya mengakhirkan sahur.

“Zaid bin Tsabit telah memberitahunya bahwa mereka makan sahur bersama Rasulullah. Kemudian mereka berdiri mengerjakan salat. Aku bertanya kepada Zaid: “Berapa lama tempo antara selesai makan sahur dengan salat?” Zaid Menjawab, “Kira-kira 50 atau 60 ayat (al-Qur'an),” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut empat alasan sebaiknya kita sahur mendekati waktu imsak atau azan Subuh:

Tidak Berlebihan dalam Menyantap Makan Sahur
Jika waktunya kelamaan, kita bisa kebanyakan makan dan minum, akhirnya perut malah kembung dan kekenyangan karena segala jenis makanan dimasukin ke perut.

Padahal Rasulullah hanya sahur dengan kurma kering: “Hidangan sahur seorang mukmin yang paling baik adalah kurma kering,” (HR. Ibnu Hiban, Abu Dawud, dan al-Baihaqi).

Tidak Terpikir untuk Tidur Lagi Setelah Santap Sahur
Gara-gara kelamaan menunggu waktu subuh, akhirnya mengantuk lagi lalu ketiduran, dan salat Subuh pun akan kebablasan.

Mendapat Keberkahan Sahur
Hal ini karena kita mengikuti sunah Rasulullah mengakhirkan sahur. “Dahulu para sahabat Rasulullah adalah orang-orang yang paling segera berbuka dan paling lambat sahur,” (HR. Abdurrozaq di dalam Al-Mushonnaf 4/226, no. 7591; dishahihkan oleh Al-Hafizh di dalam Al-Fath).

Terasa Kenyang Lebih Lama
Karena sahurnya mendekati fajar Subuh, insyaa Allah masih terasa kenyang ketika pagi tiba. Sedangkan orang yang sudah sahur dari jam 2, setengah 3 atau jam 3 mungkin sudah terasa lapar lagi. (ummi-online.com)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.