oleh

Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain

PortalMadura.Com – Sesama muslim adalah saling bersaudara, antara yang satu merupakan cermin bagi yang lainnya. Oleh karena itu, Islam memerintahkan umatnya untuk menutupi aib saudaranya sesama muslim.

Namun, tidak semua orang yang bisa menyimpan rahasia mengenai aib yang dilakukan oleh orang lain dengan baik. Bahkan di antara mereka yang menjadikan aib orang lain sebagai bahan pembicaraan ketika berkumpul. Padahal menutup aib sesama akan ada keutamaan yang kita peroleh.

Berikut tiga keutamaan yang akan kita peroleh jika menutup aib orang lain:

Allah Akan Menutupi Aibnya di Akhirat Kelak
Keutamaan pertama yang akan diperoleh orang yang senantiasa menutupi aib orang lain, yaitu Allah SWT akan menutupi aib orang tersebut di akhirat kelak.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah. Beliau bersabda: “Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak,” (HR. Muslim).

Namun hal sebaliknya akan terjadi apabila orang tersebut mengumbar aib saudaranya. Allah SWT akan mengumbar aib orang itu hingga aib rumah tangganya. Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang menutupi aib saudara sesama muslim, Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat, dan barang siapa mengumbar aib saudara sesama muslim, maka Allah akan mengumbar aibnya hingga terbukalah kejelekannya di dalam rumahnya,” (HR. Ibnu Majah).

Allah Menutupi Aibnya di Dunia
Tidak hanya mendapat keutamaan ketika di akhirat kelak. Ternyata keutamaan menutupi aib orang lain juga akan diperoleh ketika ia masih hidup di dunia. Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Barang Siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aib orang tersebut di dunia dan akhirat.” (HR. Ibnu Majah).

“Barangsiapa yang meringankan (menghilangkan) kesulitan seorang muslim kesulitan-kesulitan duniawi, maka Allah akan meringankan (menghilangkan) baginya kesulitan di akhirat kelak. Barangsiapa yang memberikan kemudahan bagi orang yang mengalami kesulitan di dunia, maka Allah akan memudahkan baginya kemudahan (urusan) di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim sewaktu di dunia, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan senantiasa menolong seorang hamba, jika ia menolong saudaranya,” (HR. Tirmidzi).

Keutamaan Menutupi Aib Saudara, Seperti Menghidupkan Bayi yang Dikubur Hidup-Hidup
Keutamaan terakhir yang akan diperoleh orang yang senantiasa menutupi aib orang lain ibarat ia menghidupkan bayi yang dikubur hidup-hidup.

“Siapa melihat aurat (aib orang lain) lalu menutupinya, maka seakan-akan ia menghidupkan bayi yang dikubur hidup-hidup,” (HR. Abu Daud).

Ketahuilah, bahwa ada banyak sekali hikmah dibalik menutupi aib orang lain yang akan kita peroleh. Maka dari itu, hindarilah kebiasaan untuk mengumbar aib orang lain dan bertawaklah kepada Allah SWT. (infoyunik.com/Salimah)


Komentar