oleh

Muslimah, Ini 10 Cara Jika Anda Ingin Taubat dari Zina

PortalMadura.Com – Salah satu perbuatan yang paling dibenci Allah dan Rasulnya yaitu zina. Bahkan dalam hadis secara jelas melarang keras mendekati apalagi melakukannya. Sebagaimana firman Allah: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.” [QS. Al-Israa’ : 32]

Meskipun zina merupakan dosa yang amat di benci sebagaimana hukum menikah dengan pasangan zina , namun bukan berarti para pelakunya tidak di berikan kesempatan untuk bertaubat. Karena setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa. Lantas bagi wanita yang ingin kembali kepada jalan allah bagaimana cara menghapus dosa zina?

Berikut caranya:

Segera Bertaubat
Cara pertama yaitu segera bertaubat. Karena dengan taubat yang sungguh sungguh seperti juga cara menghapus dosa zina sebelum menikah . Sebagaimana Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sungguh-sungguh (taubat nasuha).” (at-Tahrim : 8)

Mohon Ampunan Dari Allah
Semua manusia pasti pernah melakukam dosa zina dalam islam , namun bukan berarti dosa namun bukan berarti Allah SWT menutup pintu ampunannya.

Sebab Allah SWT adalah maha pengampun sebagaimana Allah berfirman: Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Az-Zumar: 53)

Hindari Jangan Sampai Terjerumus Kembali Pada Zina
Jika anda memutuskan untuk bertaubat dari perbuatan zina maka harusnya Anda menghindari agar tidak terjerumus kembali. Membentengi diri sekaligus juga tidak mudah kembli tergoda. Sebab tentunya anda akan selalu dihadapkan oleh godaan untuk kembali terjerumus pada zina.

Menyesali Dengan Sunguh Sungguh
Wanita yang ingin bertaubat dari perbuatan zina hendaknya menyesali perbuatannya dengan sungguh-sungguh. Sehingga selalu merasa bersalah dan menyesal atas semua perbuatannya dimasa lalu. Rasulullah bersabda: “Penyesalan adalah hakekat taubat”. (HR. Ahmad 3568, Ibn Majah 4252 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Perbanyak Beribadah Kepada Allah SWT
Dalah satu cara bertaubat dari perbuatan zina, tidak lain yaitu dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Cara yang paling mudah yaitu dengan memperbannyak frekuensi ibadah.

Allah berfirman: “Dirikanlah salat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS. Hud: 114)

Carilah Lingkungan yang Baik
Lingkungan yang baik dapat membawa Anda kearah yang lebih baik, sebaliknya lingkungan yang buruk malah akan dapat menjerumuskan Anda. Oleh karenanya, agar Anda benar-benar bertaubat dari zina, maka sebaiknya pilihlah lingkungan yang baik. Agar tentunya tidak kembali membawa Anda pada pintu perzinahan dan kemaksiatan.

Rahasiakan Jangan Diumbar
Rahasiakan dosa ini kepada siapapun sampai mati. Rahasiakan sekalipun dengan orang terdekat Anda.

Menceritakan hal ini kepada orang lain justru akan menimbulkan masalah baru. Simpan kejadian ini untuk diri Anda sendiri, karena orang lain tidak memiliki kepentingan dengannya.

Rasulullah bersabda: “Siapa yang tertimpa musibah maksiat dengan melakukan perbuatan semacam ini (perbuatan zina), hendaknya dia menyembunyikannya, dengan kerahasiaan yang Allah berikan.” (HR. Malik dalam Al-Muwatha’, no. 1508).

Perbanyak Berbuat Kebaikan
Kebaikan merupakan salah satu cara selain untuk menghapuskan dosa di masa lalu juga merupakan cara untuk menunjukkan bahwa Anda benar benar bertaubat dari zina. Banyak perbuatan baik yang dapat Anda lakukan. Terlepas dari dosa apapun, setiap muslim masih dapat memperbaikinya dengan jalan kebaikan yanh diridhoi oleh Allah.

Perbanyak Istiqfar
Istiqfar merupakan langkah awal agar Anda selalu mengingat keberadaan Allah SWT. Perbanyak istiqhfar agar Anda mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Senantiasa beristiqhfar agar Anda jauh dari godaan zina.

Selalu Berdoa Memohon Perlindungan Dari Godaan Maksiat
Hal yang paling dapat Anda lakukan yaitu tentunya berdoa kepada Allah SWT agar dilindungi dari godaan. Terutama godaan maksiat untuk kembali terjerumus kepada zina. Selalu minta perlindungan kepada Allah merupakan jalan agar anda terlindungi dan tidak kembali terjerumus pada godaan syetan. (dalamislam.com/Desy)


Komentar