Muslimah, Ini 3 Penyebab Anda Masuk Neraka dan Amalan Penyelamatnya

Avatar of PortalMadura.Com
Muslimah, Ini 3 Penyebab Anda Masuk Neraka dan Amalan Penyelamatnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imran bin Husain tentang penghuni surga yang hanya terisi sedikit oleh golongan wanita. Mengapa demikian? Karena kecondongan-kecondongan mereka pada kesenangan dunia, dan berpaling dari akhirat karena kurangnya akal mereka dan mudahnya mereka tertipu dengan kesenangan dunia yang menyebabkan mereka lemah untuk beramal.

Dalam hadis itu juga, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya penduduk surga yang paling sedikit adalah wanita.” (HR Muslim dan Ahmad). Sebagian besar dari mereka cepat tertipu jika diajak kepada penyelewengan terhadap agama dan sulit menerima jika diajak kepada akhirat. Oleh karena itu, seorang perlu menghindari hal-hal yang dapat menjerumuskannya ke dalam api . Apa saja?

Berikut ulasannya:

Kufur Terhadap Suami dan Kebaikan-kebaikannya
Rasulullah SAW bersabda: “Allah tidak akan melihat kepada wanita yang tidak mensyukuri apa yang ada pada suaminya dan tidak meras acukup dengannya.” (HR Nasa'i)

Hadis di atas merupakan peringatan keras bagi wanita mukmin yang menginginkan ridha Allah SWT. Tidak sepantasnya wanita yang mengharapkan kebaikan akhirat, justru mengingkari kebaikan-kebaikan suaminya dan mengkufuri nikmat Allah.

Durhaka Terhadap Suami
Kedurhakaan istri terhadap suami biasanya ada tiga, yaitu durhaka lewat ucapan, perbuatan dan keduanya.

Kedurhakaan tersebut bisa berupa ucapan kasar, membicarakan keburukan suami pada orang lain, berlebihan dalam cemburu, tidak mau melayani suami, bermuka masam, berpergian tanpa ijin, menampakan aurat, bermesraan dengan pria lain, meninggalkan hak-hak Allah, hingga perceraian.

Hanya wanita bijaksana yang mau bertaubat dari kedurhakaan dan kembali berjalan di atas kebaikan dengan mengharapkan ridha Allah.

Tabbaruj
Wanita yang tabbaruj yaitu yang menampakkan atau memamerkan perhiasannya, baik itu pakaian maupun kecantikan dirinya atau apapun yang seharusnya ia tutupi dan tidak boleh ia perlihatkan.

Allah SWT berfirman: “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan-perhiasan mereka…” (QS An Nuur: 31)

Dalam Al Khaibar, Imam Adz Dzahabi menyatakan, “Termasuk dari perbuatan-perbuatan yang menyebabkan mereka dilaknat yaitu menampakkan hiasan emas dan permata yang ada di dalam niqab, memakai minyak wangi dengan misik dan semisalnya jika mereka keluar rumah…”

Maka, hindarilah tabbaruj. Islam telah mengajarkan muslimah untuk berpakaian secara syar'i.

Bagaimana agar terhindar dari semua keburukan tersebut?
Rasulullah SAW pernah mengajarkan suatu amalan untuk menyelamatkan kaum wanita dari azab neraka. Rasulullah bersabda: “Bersedekahlah kalian! Karena kebanyakan kalian adalah kayu bakar jahanam.”

Diriwayatkan, maka berdirilah seorang wanita, dia bertanya, “Mengapa demikian wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Karena kalian banyak mengeluh dan kalian kufur terhadap suami.” (HR Bukhari).

Jadi, sedekah bisa menjadi amalan bagi seorang muslimah agar terselamatkan dari azab neraka. (islampos.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.