oleh

Nelayan Bangkalan Bongkar Tabungan Untuk Biaya Hidup

BANGKALAN (PortalMadura) – Ratusan nelayan di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur terpaksa harus membongkar tabungannya untuk menutupi biaya hidup sehari-hari. Mereka sudah tidak melaut selama cuaca buruk melanda perairan laut setempat.

“Nelayan disini mulai membongkar tabungan hasil jual ikan sebelumnya. Karena sudah tidak melaut hampir satu bulan,” kata salah seorang warga Nelayan Desa Banyusangkah, Fizul Khabil, Senin (4/2/2014).

Nelayan yang tidak mempunyai tabungan, kata dia, terpaksa menggadaikan barang-barang berharga seperti emas. Bahkan ada yang terpaksa menjual barang berharga lainnya. “Kalau kebutuhan hidup kan tidak bisa ditunda. Yang penting bisa menutupi kebutuhan hidup,” ujarnya.

iklan hari santri

Nelayan lain, Margiono mengatakan, disaat nelayan paceklik ikan, tentu harus bersabar dan makan seadanya. “Kalau sudah musim ikan ya nabung lagi. Sekarang kan waktunya istirahat sambil memperbaiki perahu dan alat jaring ikan,” terangnya.

Diakui, saat ini harga ikan di pasaran sangat melambung, namun susah untuk melaut karena cuaca tiba-tiba tidak bersahabat. Sehingga, mayoritas nelayan memilih diam di rumah. “Keselamatan itu lebih penting. Kalau cuaca kembali membaik pasti melaut la, mas!,” tandasnya.(atc/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.