oleh

NGO Myanmar: 30 Orang Tewas dan 1.213 Orang Ditangkap Sejak Kudeta

PortalMadura.Com – NGO pengawas tahanan politik di Myanmar menyampaikan sebanyak 1.213 orang telah ditangkap, didakwa atau dihukum sehubungan dengan kudeta militer sejak 1 Februari hingga 1 Maret 2021.

Asosiasi Pendamping untuk Tahanan Politik (AAPP) melansir sebanyak 913 orang masih dipenjara atau menghadapi tuntutan, termasuk 4 orang yang telah divonis.

Selamat Ibadah Puasa

Selain itu, AAPP menyebut setidaknya 30 orang tewas akibat kekerasan dan tindakan keras sewenang-wenang sejak kudeta militer terhadap pemerintahan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

“AAPP memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang mengorbankan nyawa dan kebebasannya untuk memperjuangkan demokrasi dan hak asasi manusia,” ujar AAPP dalam rilisnya pada Senin.

AAPP juga mengatakan para pengunjuk rasa dan jurnalis di Yangon disambut dengan peluru karet dan gas air mata dalam demonstrasi pada Senin.

Pasukan keamanan memblokir jalan utama Anawrahtra dan Bogyoke Aung San di pusat kota Yangon.

Setidaknya, lanjut AAPP, sebanyak sekitar seratus orang ditangkap di seluruh Myanmar pada Senin.

Para menteri luar negeri ASEAN pada Selasa berencana melakukan pertemuan dengan militer Myanmar untuk membahas krisis dan kekerasan di negara tersebut.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar