oleh

Nilai Positif Kacang Mede untuk Kecantikan dan Kesehatan

PortalMadura.Com – Kacang Mete atau biasa disebut kacang mede merupakan satu di antara jenis kacang-kacang yang populer di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Menurut laporan Science Direct, kacang bernama latin Anacardium occidentale ini merupakan hasil dari buah jambu monyet atau jambu mede yang awalnya berasal dari Brazil, dan kini banyak tumbuh di Indonesia.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Kacang tersebut memiliki rasa yang lezat dan renyah, apalagi jika digoreng atau dipanggang. Kacang mede juga banyak dijadikan bahan pelengkap di berbagai olahan makanan seperti es krim, olahan cokelat, pie, dan susu. Kacang mede juga banyak dijadikan sebagai toping aneka makanan kekinian.

Di pasaran kacang mede dijual dengan harga yang relatif lebih mahal daripada jenis kacang lainnya. Namun, harga ini sebanding dengan banyaknya kandungan gizi baik untuk kecantikan dan kesehatan.

Kacang mete kaya akan nutrisi seperti serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E serta mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi serta zinc.

Saking banyaknya kandungan dalam kacang mede, sehingga manfaat dalam kacang yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Dilansir dari laman Tribunstyle.Com, Kamis (13/8/2020), berikut hal positif dari kacang mede yang berguna untuk kecantikan:

Kulit Terlihat Bercahaya

Kacang mete merupakan sumber tembaga dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Antioksidan telah dikenal untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Bersama enzim lain yang terdapat pada kacang mede/mete, terbentuklah kolagen yang bertanggung jawab untuk meningkatkan elastisitas kulit.

Jarang Sakit

Kacang mede/mete memiliki unsur kimia yang penting untuk pengembangan sel sistem kekebalan tubuh, produksi enzim antioksidan, dan aktivitas sistem kekebalan tubuh secara umum.

Tulang Menjadi Lebih Kuat

Hanya satu ons kacang mede/mete dapat memberikan sekitar 30% dari nilai harian untuk tembaga dan 20% untuk magnesium. Tembaga mendukung perkembangan tulang dan jaringan ikat, sementara magnesium membantu tubuh menyerap kalsium dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Menyehatkan Mata

Kacang mete kaya akan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Jika dikonsumsi setiap hari, antioksidan ini menjaga penglihatan yang baik dan menjauhkan infeksi yang bisa didapatkan dari lingkungan. Zeaxanthin juga melindungi retina dari sinar UV yang berbahaya.

Menghilangkan Migrain

Makan kacang mete/mede secara teratur tubuh akan memiliki keseimbangan magnesium yang tepat dan menghilangkan migrain yang dialami.

Menyehatkan Gigi

Salah satu senyawa yang paling luar biasa dalam kacang mete /mede adalah asam anakardat. Asam ini mampu membunuh bakteri gram positif yang menyebabkan kerusakan gigi dan jerawat.

Merasa Lebih Energik

Kacang mete/mede mengandung beragam mineral dan vitamin, termasuk vitamin E, K, B6, tembaga, fosfor, seng, magnesium, zat besi, dan selenium. Semuanya memainkan peran penting dalam membantu tubuh berfungsi dengan baik dan metabolisme semakin sehat.

Mengontrol Berat Badan

Kacang mete memang mengandung lemak, tetapi lemak ini sehat dan magnesium yang ditemukan dalam kacang mete sangat penting untuk mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Bahkan, orang yang mengonsumsi kacang mete secara moderat dan teratur menurunkan berat badan lebih cepat dan memiliki risiko lebih rendah menjadi gemuk. Selain itu, kacang ini bisa menjadi makanan ringan yang baik karena sangat bergizi dan membuat kenyang untuk waktu yang lama.

Rambut Lebih Berkilau

Tembaga yang ditemukan dalam kacang mete/mede akan membuat rambut menjadi cerah, kuat, dan memberikan tekstur halus seperti sutera. Kacang ini juga dapat membantu mempertajam warna rambut karena merangsang produksi pigmen yang disebut melanin.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar