oleh

Wajib Coba! Inilah Obat Sakit Gigi Ampuh

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi. Sakit gigi adalah kondisi rasa nyeri yang muncul pada gigi yang dapat menyerang semua kalangan baik orang dewasa, anak-anak, maupun lansia.

Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada banyak jenis obat sakit gigi yang bisa Anda gunakan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (24/8/2020),  berikut obat sakit gigi mulai dari bahan alami sampai obat sakit gigi medis.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Obat Sakit Gigi  Alami

Berikut beberapa jenis obat sakit gigi bahan alami yang bisa Anda gunakan:

Air Garam

Obat sakit gigi yang pertama yang bisa Anda jadikan pilihan adalah berkumur air garam. Air garam dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka pada mulut karena mengandung disinfektan alami. Cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan ai hangat kedalam gelas, kemudian kumur-kumur.

Kompres Dingin

Anda juga bisa menggunakan kompres dingin untuk mengurangi nyeri sakit gigi. Kompres dingin membuat pembuluh darah di daerah yang sakit mengecil, sehingga bengkak dan rasa sakit akan berkurang. Cukup membungkus beberapa buah es batu dalam handuk, kemudian tempelkan pada sisi pipi gigi yang sakit selama kurang lebih 20 menit.

Bawang Putih

Bawang putih dapat meredakan nyeri gigi karena mengandung senyawa allicin yang bersifat antibakteri dan antimikroba. Yang dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme penyebab sakit gigi, sehingga rasa nyeri bisa berkurang. Anda cukup menghancurkan bawang putih hingga halus, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Minyak Cengkeh

Kandungan eugenol dalam minyak cengkeh dapat mengobati peradangan dan meredakan nyeri akibat sakit gigi. Zat ini juga antiseptik alami sehingga dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Teteskan minyak cengkeh pada kapas, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Baca Juga : Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Obat Sakit Gigi Medis

Selain obat sakit gigi bahan alami, Anda juga bisa menggunakan obat medis, berikut beberapa diantaranya:

Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang bisa meredakan nyeri sakit gigi. Ibuprofen dapat menghambat tubuh memproduksi senyawa yang menyebabkan peradangan, sehingga pembengkakan, rasa sakit, atau demam dapat berkurang.

Naproxen

Naproxen juga merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang umum digunakan untuk mengobati sakit gigi. Bekerja dengan cara mengurangi produksi senyawa penyebab peradangan. Sehingga nyeri akibat sakit gigi dapat berkurang.

Baca Juga: Kepala Bergetar Terus-menerus, Waspadai Penyakit ini

Paracetamol

Paracetamol juga merupakan salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk meredakan sakit gigi. Anda bisa mengonsumsi paracetamol sebelum atau sesudah makan.

Itulah beberapa jenis obat sakit gigi, baik yang alami maupun yang medis yang bisa Anda jadikan pilihan ketika sakit gigi menyerang.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar