Orang Tua, Begini 6 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Bagi Anak

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua, Begini 6 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Bagi Anak
Ilustrasi (lifepal.co.id)

PortalMadura.Com – Dalam siklus kehidupan, ada banyak masalah yang pasti dihadapi. Termasuk dalam urusan ekonomi, keadaan sosial dan keadaan lingkungan. Oleh karena itu, sebagai orang tua sangat penting untuk mempersiapkan masa depan anaknya, salah satunya soal .

Hal ini tidak lain agar pendidikan anak terjamin dan terselamatkan apabila suatu hari ekonomi sedang tidak stabil. Anda tentu tidak mau kan jika pendidikan anak terhenti dengan alasan tidak mampu membayarnya?.

Nah, saatnya Anda menyiapkan asuransi anak mulai dari sekarang. Berikut ini adalah tips untuk memilih asuransi untuk anak sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (24/5/2022) dari laman Idntimes.com:

Buat Rencana Pendidikan Anak

Sebelum memilih asuransi yang pas untuk anak. Perlu dibuat rencana yang matang untuk pendidikan anak. Tanpa adanya rencana yang jelas maka Anda akan kebingungan dengan produk asuransi mana yang pas.

Rencana pendidikan perlu diperhatikan hingga sedetail mungkin. Mulai dari anak akan bersekolah dimana, tahun masuknya, tempatnya dimana, dan lain sebagainya. Hal ini akan berkaitan erat dengan masalah biaya yang akan dihadapi.

Tentukan Jumlah Dana Sesuai Target Pendidikan

Anda perlu melakukan riset terkait dengan biaya yang akan dikeluarkan perjenjang pendidikan yang ada selama anak bersekolah. Perlu diperhatikan pula jumlah biaya yang ada sekarang untuk mempertimbangkan berapa besaran yang akan dikeluarkan di masa depan.

Dengan mengetahui target dari besaran biaya pendidikan, maka akan mempermudah Anda dalam menentukan asuransi apa yang tepat untuk dipilih.

Setelah memilih asuransi yang tepat, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen asuransi. Hal tersebut untuk memperhatikan jumlah biaya yang akan dikeluarkan ketika sudah memilih asuransi tersebut.

Kenali Perusahaan dan Bandingkan Produknya

Banyak sekali asuransi-asuransi terkait dengan pendidikan. Sebelum Anda memilih asuransi yang tepat, Anda perlu memperhatikan banyak hal. Hal tersebut adalah kekuatan keuangan perusahaan, aset dan liabilitas, dan kualitas tenaga kerja.

Mungkin ini terkesan sepele, namun Anda perlu mengetahui rekam jejak dari perusahaan tersebut sehingga dapat di jadikan sebuah rujukan. Banyak sekali media yang dapat Anda ketahui dengan hal yang berkaitan dengan rekam jejak perusahaan. Anda bisa mengaksesnya dari situs website, berita, media sosial, penghargaan, dan lain sebagainya.

Pilih Asuransi Sesuai dengan Budget

Sebelum Anda memilih produk investasi yang akan Anda pilih terkait dengan pendidikan anak. Anda perlu mengetahui tentang keadaan finansial yang sedang ada.

Hal ini akan menjadi tolak ukur untuk memilih produk asuransi yang tepat. Selain itu Anda juga dapat mengetahui kekuatan finansial Anda sendiri.

Pilih Produk yang Fleksibel

Anda perlu memilih asuransi yang bersifat fleksibel yang ditawarkan oleh agen asuransi, yang bisa diklaim sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Pastikan Anda melakukan perhitungan yang akurat agar tidak terjadi kekurangan biaya saat sesudah melakukan klaim.

Pelajari segala hal yang berkaitan dengan informasi asuransi tersebut. Anda dapat memperoleh informasi tersebut dari agen asuransi maupun nasabah lain. Sesuaikan rencana pendidikan dengan program asuransi yang telah dipilih

Periksa Manfaat Tambahan dari Produk Asuransi yang Ditawarkan

Sebelum Anda memilih produk asuransi yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan benefit apa saja ketika Anda menjadi nasabah asuransi tersebut. Banyak sekali tambahan manfaat saat memilih sebuah asuransi yaitu mulai dari proteksi jiwa, kesehatan, dan lain-lain.

Walaupun banyak benefit yang akan didapatkan, pastikan prioritas yang utama adalah tentang pendidikan anak. Fasilitas yang menjadi tambahan tersebut sebaiknya tidak memotong investasi pendidikan sehingga biaya masa depan anak menjadi terjamin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.