Orang Tua, Ini 3 Cara Jadi Teman Bagi Anak Remaja Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Orang Tua, Ini 3 Cara Jadi Teman Bagi Anak Remaja Anda
Orang tua menjadi sahabat anaknya yang remaja

PortalMadura.Com – Orang tua harus peka terhadap perubahan yang biasa terjadi pada anak yang beranjak dewasa. Namun, orang tua juga perlu melakukan perubahan terhadap anak dalam hal menghadapi sikap dan sifat anak.

Dalam hal ini, sabiknya orang tua tidak melewatkan masa-masa krusial yang akan dihadapi anak di usia ini. Anak mulai menginjak remaja ketika usia 10 tahun. Akan menglami masa pubertas di usia 13-15 tahun. Tapi orang tua tidak perlu bingung, lakukan beberapa cara ini ketika anak mulai remaja. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Pahami Kondisi Remaja
Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua saat anak beranjak remaja yaitumemahami bahwa masa remaja merupakan masa ‘badai’ untuk anak. Mereka melalui berbagai tantangan di masa ini. Pahami juga perubahan mood remaja. Ketika terjadi perubahan emosi, Bunda dan Ayah sudah bisa memaklumi kondisi tersebut.

Jadikan Anak Sebagai Teman
Berusahalah menjadi teman untuk anak dan menjadi bagian dari hidup anak. Bisa dengan cara mendengarkan ceritanya tentang apapun yang dia alami di sekolah atau di lingkungan teman-temannya. Mungkin juga dengan meminta pendapat anak ketika Bunda dan Ayah akan membuat keputusan. Dengan begini, anak akan merasa keberadaan mereka berarti.

Hargai Privasi Anak
Anak yang sudah menginjak usia remaja sudah memiliki privasi sendiri, baik di media sosial atau dunia nyata. Mereka membutuhkan kedekatan dengan teman-teman dan lingkungan. Jadi, Bunda dan Ayah sekadar memantau pertemanan anak tanpa ikut-ikut di dalamnya.

Ketika anak beranjak remaja, orang tua tidak lagi menjadi pelindung untuk anak. Bunda dan Ayah justru berganti peran menjadi teman dan sahabat yang baik untuk remaja. Sehingga, anak bisa menceritakan apapun pada orang tuanya tanpa canggung dan ragu. Jadi, Bunda dan Ayah tetap bisa mengetahui kondisi anak. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.