Orang Tua, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Pilih Bimbel Anak

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Pilih Bimbel Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seperti yang diketahui, seiring berkembangnya zaman mutu pendidikan semakin ditingkatkan serta kurikulum sekolah pun pasti juga ikut terus berkembang. Tak jarang hal tersebut membuat orang tua terkendala dalam membimbing anaknya belajar di rumah.

Tidak sedikit pula orang tua merasa kesulitan menyampaikan materi pelajaran agar mudah dipahami anak saat menemani mereka belajar.

“Pelajaran sekarang susah. Tak seperti zaman saya sekolah dulu,” kata tersebut yang sering mereka katakan saat mendampingi anak mereka belajar.

Maka dari itu, sebagian besar dari mereka memilih untuk mengajak anaknya ikut bimbingan belajar. Namun sebelum itu ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut dala memilih bimbel untuk anak Anda.

Pilih Sesuai Karakter Anak
Jika anak cenderung diam dan pemalu, maka alangkah baiknya memilih bimbingan private agar nyaman dalam belajar. Jangan memaksa ikut dalam bimbel dengan peserta lebih banyak. Ini dapat membuat bimbel tidak maksimal karena anak tidak berani bertanya padahal belum memahami materi diajarkan.

Baca Juga: Sumenep Pastikan Gelar Pilkades Serentak November 2019

Kualitas Pengajar
Saat akan mendaftarkan anak, Anda dapat menanyakan apakah pengajar setiap mata pelajaran memiliki latar pendidikan sesuai. Misalnya tutor matematika memang lulusan pendidikan matematika, bukan yang lain. Kesesuaian ini bisa menjadi salah satu ukuran kualitas lembaga bimbel.

Layanan dan Fasilitas
Begitu banyak bimbel memberi tawaran menarik mulai dari promo biaya, testimoni alumni, hingga bonus bagi siswa berprestasi di sekolah. Namun hal itu belum cukup untuk dijadikan indikator.

Anda perlu mencari tahu fasilitas yang diberikan bimbel, misal ekstra tambahan jam menjelang UTS maupun UAS, bisa belajar setiap waktu senggangnya, dan pertimbangan lainnya.

Keuangan Orang Tua
Hal yang tak kalah penting memilih bimbel adalah menyesuaikan kondisi keuangan Anda. Memasukkan anak ke bimbel terbaik dengan fasilitas modern namun biaya tidak terjangkau justru akan menjadi bumerang.

Jangan sampai hal ini membuat kebutuhan anak lainnya menjadi terabaikan. Jika anak hanya kesulitan di satu mata pelajaran saja, maka kita bisa memilih alternatif bimbel dengan biaya yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam memilih bimbel untuk Anaknya. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.