Orang tua, Tak Perlu Buru-buru Sekolahkan Anak ke PAUD! Ini Alasannya

  • Bagikan
Anak sekolah PAUD
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu hak anak yang harus didapat dari orang tua yaitu pendidikan. Akan banyak hal yang bisa didapat jika anak mengenyam pendidikan. Seperti belajar bersosialisasi, pintar, bisa memposisikan diri dengan benar dan lain sebagainya.

Namun yang terjadi sekarang, banyak terjadi kesalahpahaman tentang konsep dasar sekolah. Seperti banyaknya orangtua yang memasukkan putra putrinya yang masih berumur 3-4 tahun ke preschool atau PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Sebenarnya perilaku tersebut tidak dapat sepenuhnya disalahkan, karena mungkin saja kedua orangtua sang balita bekerja, sehingga tidak ada orang yang dapat dititipkan. Masalahnya, kini memasukkan anak ke PAUD seperti menjadi semacam gaya hidup baru, dengan tujuan si kecil dapat belajar dengan cepat dan tanggap. Hal ini mendapat respon dari Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. atau yang biasa disapa Kak Seto, selaku ketua LPAI.

Kak Seto juga menambahkan, biasanya anak-anak yang telah disekolahkan sejak dini memang sengaja dibentuk oleh orangtua agar mempunyai target pendidikan yang tinggi, misalnya masuk sekolah internasional, atau dapat menguasai banyak bahasa asing. Padahal di usia balita tersebut merupakan usia anak bermain, seharusnya mereka bermain petak umpet, layang-layang, gobak sodor ataupun sepak bola.

Secara tidak langsung mereka ternyata juga mengalami proses belajar saat bermain, mereka akan belajar toleransi, diskusi, dan menghargai orang. Para orangtua pun dapat membimbing mereka dirumah, dengan mendongeng, belajar berhitung sambil bermain, bahkan memasak bersama anak juga akan membantunya mengenal bahan makanan.

Ketika anak sudah dipaksa sekolah atau dibiasakan masuk sekolah sejak kecil, mereka akan merasa bosan, dan merasa sekolah itu seperti penjara. Jadi, ketika mereka sampai pada usia masuk sekolah yang seharusnya, mereka akan mengalami school phobia. Itu yang sering menyebabkan anak-anak membolos sekolah, bahkan takut untuk ke sekolah. Jadi orangtua memang harus menimbang baik buruknya memberikan pendidikan yang terlalu dini untuk anak. (okezone.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.