Orang Tua, Yuk Ajarkan Anak Bersikap Rendah Hati Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua, Yuk Ajarkan Anak Bersikap Rendah Hati Sejak Dini
Ilustrasi (psikologid.com)

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak tentang memang perlu dilakukan sejak dini. Karena, dengan memiliki sifat ini seorang anak akan lebih sopan, lemah lembut dan tidak sombong dalam berinteraksi dengan orang lain.

Namun, sayangnya tidak semua anak dengan mudahnya bisa mempunyai sifat ini kecuali memang ada didikan dari orang tua. Jadi, ketika dewasa ia sudah paham dalam bersikap.

Lantas, bagaimana cara mengajarkan kerendahan hati pada anak?. Berikut ulasannya:

Jadi Contoh yang Baik
Anak bisa memiliki sifat yang rendah hati jika melihat orang tua juga memiliki sifat itu. Oleh karena itu, contohkan sifat yang baik-baik kepada anak Anda. Sifat rendah hati ini bisa Anda terapkan sebagai prinsip hidup Anda dan keluarga sehari-hari. Mulai dari lingkungan keluarga dulu, maka anak akan terbiasa mengikuti sifat yang baik juga.

Buat Kalender Rendah Hati
Anak-anak membutuhkan pengingat harian untuk mengembangkan karakternya. Buatlah kalender rendah hati untuk mencatat apa yang sudah dilakukan si kecil hari ini.

Anda bisa menggunakan kalender bekas atau kalender bagian belakang yang kosong. Kemudian beri judul di atas kalender tersebut, “Aku bisa rendah hati hari ini”. Bantu anak-anak mengisinya setiap hari dalam sebulan dengan contoh kerendahan hati.

Contoh kerendahan hati mungkin termasuk membantu ibu membereskan kamar meskipun di rumah ada asisten rumah tangga, membantu ibu memasak, mengucapkan terima kasih pada petugas kebersihan, atau membukakan pintu untuk seseorang.

Berikan Pujian
Jika anak Anda mendapatkan prestasi atau nilai yang bagus di sekolah, berikan pujian pada si kecil. Namun, jika si kecil mendapat nilai jelek, jangan langsung memarahinya atau menyalahkan gurunya. Dengan begitu akan sulit mengajarkan kerendahan hati padanya. Sebaliknya, bantu dan temani si kecil belajar dengan baik, agar bisa mendapat nilai yang lebih baik lagi tanpa membuatnya berpikir bahwa jadi juara satu adalah segala-galanya.

Ajak Anak untuk Berbagi
Kenalkan anak pada perilaku saling berbagi. Ajak anak untuk membagikan barang yang sudah tidak terpakai kepada orang yang membutuhkan. Sebagai contoh, Anda bisa sama-sama membereskan lemari pakaian untuk melihat pakaian mana yang sudah tidak muat atau tidak terpakai lagi tapi masih layak. Lalu kumpulkan pakaian-pakaian tersebut dan berikan pada yang membutuhkan.

Belajar Sopan Santun
Kerendahan hati dikenal dengan cara Anda menanggapi atau menghargai orang lain. Anak-anak perlu diajari untuk mengatakan, “tolong” dan “terima kasih” sebanyak yang mereka butuhkan.

Ajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih jika diberi sesuatu dan mengucapkan tolong saat meminta sesuatu. Untuk itu, Anda juga perlu melakukan hal yang sama pada anak Anda.

Ajarkan Anak Meminta Maaf
Permintaan maaf yang tulus adalah kunci kerendahan hati. Terkadang anak berbuat salah tapi ia takut untuk meminta maaf dan justru tidak berani mengakui kesalahannya.

Oleh karena itu, jika anak Anda melakukan kesalahan, jangan langsung dimarahi. Tanyakan padanya kenapa ia melakukannya, berikan penjelasan padanya dengan lembut. Kemudian dorong si kecil untuk meminta maaf.

Jika Anda sudah menanamkan perilaku ini sejak kecil, maka ia akan terbiasa melakukan ini hingga dewasa nanti. Semoga bermanfaat. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.