oleh

Orator Merokok, Jawaban Aktivis Sumenep Ini Bikin Menusuk Hati

PortalMadura.Com, Sumenep – Tiga hari terakhir ini viral sebuah foto yang menggambarkan seorang orator aksi perempuan merokok.

Bukan pada saat memegang mikrofon, melainkan disela-sela jedah berorasi. Siapa dia dan apa yang terjadi?.

Pertanyaan itu akhirnya terjawab. Foto yang viral itu adalah aksi yang dilakukan aktivis mahasiswa Sumenep, Madura, Jawa Timur di depan Kantor DPRD Sumenep, 12 Oktober 2020.

Saat itu, kader PMII dan GMNI Sumenep melakukan demonstrasi menolak Omnibus Law yang tidak ditemui oleh anggota DPRD Sumenep hingga berakhir chaos.

“Itu kader PMII, mas,” kata Ketua Kopri Cabang PMII Sumenep, Saidah Salamah, saat “Ngopi Bareng” di PortalMaduraTV, Rabu (14/10/2020) malam.

Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan kadernya yang viral lewat foto sedang merokok. “Keduanya santai menyikapi itu kok. Dan tidak ada masalah,” terangnya.

“Rokok itu kan tak bergender. Dan rokok itu bisa dinikmati laki-laki dan perempuan,” tandas Saidah.

Jawaban yang membikin menusuk hati ini ditimpali senyum, Nurwaidah selaku Bidang Kaderisasi Kopri Cabang PMII Sumenep yang mendampingi saat “Ngopi Bareng” di dapur PortalMaduraTV.

Sebagai Ketua Kopri Cabang PMII Sumenep, Saidah Salamah juga tidak mempersoalkan hal tersebut. “Kami tidak mempersoalkan dan kami juga tidak bisa menghalangi. Itu hak privasi,” tandasnya.

Berikut Cuplikan wawancara eksklusif saat “Ngopi Bareng” di dapur PortalMaduraTV. Saksikan lewat TikTok PortalMaduraTV.

@portalmaduratv

Orator aksi wanita merokok? cuplikan “Rokok itu tak bergender” #portalmaduratv #pmiicantik

♬ original sound – PortalMaduraTV – PortalMaduraTV

Yang menjadi persoalan bagi PMII secara kelembagaan, kata Saidah, tindakan persekusi yang dilakukan oleh oknum dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Persekusi itu berupa video yang sengaja diviralkan melalui platform berbagai media sosial, seperti WhatsApp. Video itu dinilai mendiskriditkan terhadap aktivis perempuan dengan bahasa yang tidak mencerminkan martabat, pada saat orasi.

Baca Juga : Kopri PMII Sumenep Kecam Tindakan Persekusi

Namun, kader Kopri Cabang PMII Sumenep tidak ciut nyali dengan persoalan tersebut. Bahkan, rencana akan turun aksi sudah dipersiapkan dengan massa jauh lebih besar.

Selengkapnya “Ngopi Bareng” Kopri PMII Sumenep di dapur PortalMaduraTV dapat disaksikan berikut ini:

Tonton lewat Channel YouTube PortalMaduraTV : Eksklusif- Kupas Tuntas Catatan Aktivis Wanita Tolak Omnibus Law, dan Siap Aksi Lagi

 

(*)

Penulis : Hartono
Editor : Muthmainnatul Lizamah

Komentar