PAD PT WUS Fantastis, Mampu Kembalikan Seluruh Penyertaan Modal Pemkab

Avatar of PortalMadura.Com
PAD PT WUS Fantastis, Mampu Kembalikan Seluruh Penyertaan Modal Pemkab
Direktur Utama PT WUS, Mohammad Reza, ST (Foto: Istimewa)

PortalMadura.Com, – Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang SPBU dan perbengkelan, saat ini PT. Wira Usaha Sumekar (WUS) menunjukkan kinerja keuangan yang baik.

Sekadar diketahui, memiliki modal disetor Rp 9.899.185.800,- yang diperoleh dan diterima dari para pemegang saham.

Dari Pemkab Sumenep 75,30 persen atau Rp 7.453.692.300. PT. Mahasa Madura Investama (MMI) 24,20 persen atau Rp 2.395.493.500. PD Sumekar sebanyak 0,45 persen atau Rp 45.000.000,- dan Agus Suryawan sebanyak 0,05 persen atau Rp 5.000.000.

Dirut PT WUS, Mohammad Reza menjelaskan, sejak akhir tahun 2005, PT WUS mulai beroperasi di bidang usaha hilir migas yaitu berupa usaha SPBU yang dilengkapi kegiatan usaha bengkel mobil yang beroperasi di area SPBU.

“Dalam perkembangannya PT WUS juga pernah mengelola warnet dan persewaan lapangan futsal,” katanya, Kamis (4/1/2018). Namun dalam pengelolaan usaha-usaha tersebut mengalami pasang surut. Dan, beberapa usaha terpaksa ditutup karena kurang mampu bersaing.

Namun di bawah kendali Mohammad Reza, manajemen PT WUS terus berbenah dan dikelola dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good governance). Buktinya, PT WUS mampu memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap setoran Pendapatan Asli Daerah () kepada Pemkab Sumenep.

Dalam laporan keuangan tahun 2016, PT WUS bisa menyetor kepada PAD Rp 3.371.148.524,- (tiga miliar tiga ratus tujuh puluh satu juta seratus empat puluh delapan ribu lima ratus dua puluh empat rupiah).

“Tahun 2017, Alhamdulillah kami menyetor Rp 7.244.533.504,28 (tujuh miliar dua ratus empat puluh empat juta lima ratus tiga puluh tiga ribu lima ratus empat koma dua puluh delapan rupiah),” jelas Reza dengan nada bangga.

Sementara usaha lainnya (core bisnis) dari usaha SPBU juga mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan di sana sini. Prasarana yang dianggap tidak layak dilakukan penataan dalam pengelolaannya sehingga terjadi peningkatan cukup signifikan dan berpotensi menyumbang PAD.

Ditambahkan Reza, sejak awal beroperasi sampai dengan tahun 2017, PT WUS secara total sudah merealisasikan setoran PAD kepada Pemkab Sumenep sebesar Rp 14.120.307.428,28 (empat belas miliar seratus dua puluh juta tiga ratus tujuh ribu empat ratus dua puluh delapan koma dua puluh delapan rupiah).

“Sedangkan yang diterima dari Pemkab Sumenep sebesar Rp 7.453.692.300,-. Dengan demikian, PT WUS telah mengembalikan seluruh penyertaan modal yang diterima dari Pemkab Sumenep. Bahkan telah memberikan keuntungan lebih kepada Pemkab Sumenep sebesar Rp 6.666.615.128,28 (enam miliar enam ratus enam puluh enam juta enam ratus lima belas ribu seratus dua puluh delapan koma dua puluh delapan rupiah),” tandasnya.

Saat ini, M. Reza masih mencari peluang terobosan usaha baru untuk menunjang core bisnis perusahaan dengan harapan dapat memberikan sumbangan PAD. “Mohon doanya agar pada tahun-tahun mendatang citra BUMD baik, khususnya PT WUS mendapat kepercayaan dari publik,” pungkasnya. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.