PAD Wisata Milik Pemkab Sumenep Minim

  • Bagikan
Pantai Lombang
Salah satu objek wisata yang dikelola pemerintah Kabupaten Sumenep (Ist)

PortalMadura.Com, Sumenep – Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada sektor pariwisata milik Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, sangat minim atau jauh dari target.

Target PAD untuk wisata Pantai Lombang sebesar Rp 116 juta, baru terealisasi 42,37 persen. Sedangkan wisata Pantai Slopeng ditarget Rp100.626.000,- dan hanya terealisasi 11,50 persen.

Kepala UPTD Wisata Pantai Slopeng dan Lombang, Sumenep, Agus Sugianto mengaku sulit untuk mencapai target pada tahun 2021. Tidak tercapainya target itu, kata dia, dampak dari penerapan PPKM yang ketat pada masa pandemi Covid-19.

“Sejak awal dibukanya obyek wisata, pengunjung sedikit karena ketatnya penerapan aturan. Misalnya, harus menunjukan kartu vaksin,” terangnya.

Meski PAD dari dua objek wisata tersebut sangat rendah, masih lebih baik dibanding tahun lalu. Realisasi PAD wisata pantai Slopeng hanya menyumbang 1,25 persen dan wisata pantai Lombang hanya 2,3 persen.

“Waktu itu kan maraknya Covid-19, mas. Objek wisata tutup buka. Dan lagi pengunjung tidak ada,” dalihnya.

Realisasi PDA dua objek wisata tersebut, kemungkinan akan bertambah meski tidak besar, jika pada momentum liburan akhir tahun dan perayaan natal dibuka.

“Kalau momentum natal dan pergantian tahun diizinkan untuk dibuka, Insyaallah bisa mendongkrak PAD tahun ini,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.