oleh

Pahala Besar di Kamis Malam yang Penuh Keistimewaan

PortalMadura.Com – Tahu gak sih kenapa (Kamis Malam) penuh keistemewaan?

Rasulullah SAW bersabda, “Saat malam dan siang hari Jumat selama dua puluh empat jam dan di setiap jamnya, Allah akan membebaskan 600 ribu orang dari siksa api neraka.”

Beliau juga pernah berkata:

Hari Jumat memiliki hak dan keutamaan yang agung. Karena itu, janganlah kau sia-siakan keistimewaannya, janganlah bermalas-malas menjalankan ibadah pada hari itu, dekatkanlah dirimu kepada Allah dengan amal saleh, dan tinggalkanlah segala yang diharamkan oleh-Nya. Karena ia akan melipat gandakan pahala ketaatan, menghapus siksa dari setiap dosa, dan meninggikan kedudukan mukminin di dunia dan akhirat. Malam harinya memiliki keutamaan seperti siang harinya. Jika engkau mampu, dirikanlah shalat dan panjatkanlah doa pada malam itu hingga waktu Subuh tiba.

Sesungguhnya Allah pada malam itu menurunkan para malaikat langit pertama demi menambah kemuliaan mukminin dengan melipat-gandakan kebaikan dan menghapus dosa-dosa mereka. Allah adalah Maha Dermawan dan luas anugerah-Nya.” seperti yang dilansir dari laman Madaninew.Id, Kamis (13/8/2020), berikut keistimewaan pada Kamis malam.

Selain itu, banyak hal besar yang bisa kita lakukan di Kamis Malam Jumat. Satu diantaranya yaitu dengan membaca Surat Yasin dihari Jumat yang merupakan salah satu Hari Besar dalam Islam.

Hal ini dituangkan dalam Hadis Riwayat Muslim yang berbunyi:

Hari baik yang paling baik ketika terbitnya matahari adalah Hari Jumat. Pada hari itu saat Adam diciptakan, Adam dimasukkan ke surga, dan kemudian beliau (Adam) dikeluarkan dari surga. Sementara hari kiamat tidaklah terjadi selain pada hari Jumat” (HR. Muslim).

Banyak amalan yang dianjurkan pada Kamis malam seperti memperbanyak shalawat nabi, berdoa, membaca surat Al-Kahfi dan Surat Yasin.

Seperti yang disampaikan dalam Hadis Riwayat Abu Daud yang berbunyi:

Barangsiapa membaca Surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari Al-Habr).

Bukankah sangat istimewa jika hanya dengan membaca Surah Yasin di Kamis malam, insyaAllah Allah akan mengabulkan permintaan hamba-Nya. (*)

Rewriter : Masfufatul Khoiriyah
Sumber : tribunmadura.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE