Para Orang Tua, Tanamkanlah 4 Ilmu Ini Pada Anak Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
ilustrasi 9
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Setiap orang tua tentu merasa bahagia bila melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang pandai dan cerdas. Namun, kepandaian dan kecerdasan intelejensia saja tidaklah cukup. Orang tua juga perlu mengasah kecerdasan emosional anak dan membekali anak-anaknya dengan nilai-nilai kepribadian yang positif.

Ketika memiliki kepribadian yang positif, maka si anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berjiwa besar. Seringkali, sedikit di antara kita yang mempersiapkan ilmu untuk mendidik anak, padahal  tugas menjadi orang tua dua puluh empat jam sehari semalam, mulai dari bangun tidur hingga akan kembali tidur. Karena itu, ilmu mendidik anak haruslah kita ketahui sebagai orang tua.

Berikut empat ilmu yang perlu orang tua praktekkan kepada anaknya:

Mengajarkan Aqidah pada Anak
Menanamkan aqidah yang lurus dan keimanan yang kuat dalam jiwa anak adalah hal yang pertama harus dilakukan orang tua.

Sebagaimana Rasulullah mencontohkan dalam salah satu hadisnya kepada Ibnu Abbas Ra: “Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah. Dan jika engkau meminta pertolongan, mintalah kepada Allah,” (HR. Tirmidzi).

Ilmu Tentang Cara Ibadah, Terutama Salat dan Cara Bersuci
Seperti hadis Rasulullah: “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk salat saat berumur tujuh tahun, dan pukullah jika enggan saat mereka berumur sepuluh tahun,” (HR. Abu Dawud).

Bagaimana mungkin orang tua akan memerintahkan salat pada anaknya, kalau si anak tidak mengerti tata cara salat serta bersuci yang benar?. Sedangkan salah satu syarat salat yaitu harus suci dari hadas, baik itu hadas kecil maupun hadas besar.

Baca Juga:  Hasil Sidang Isbat, Idul Adha Jatuh Pada Minggu 10 Juli 2022

Ilmu Tentang Akhlak
Dimulai akhlak terhadap orang tua, tetangga, teman, dan adab keseharian anak tentang bagaimana cara makan, minum, tidur, masuk rumah, kamar mandi, bertamu dan lain-lain.

Dalam hal ini Rasulullah mempraktekkannya sendiri. Antara lain ketika beliau bersabda menasehati seorang anak kecil: “Nak, ucapkanlah bismillah sebelum engkau makan dan gunakanlah tangan kananmu,” (HR. Bukhari dan Muslim dari Umar bin Abi Salamah).

Ilmu Seni Berintraksi dan Berkomunikasi
Hal ini dapat orang tua terapkan kepada anaknya yaitu diantaranya bagaimana menghadapi anak yang hiperaktif atau pendiam, bagaimana membangun rasa percaya diri dalam diri anak, bagaimana memotivasi mereka untuk gemar belajar, bagaimana menumbuhkan bakat yang ada dalam diri anak, dan berbagai konsep-konsep dasar pendidikan anak lainnya. (ummi-online.com/Salimah)

Baca Juga:  Sejarah Baru, Jatim Memiliki Komite Komunikasi Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.