oleh

Para Orangtua, Ini 7 Cara Mudah Merancang Dana Pendidikan Anak

Bila sedang merancang pendidikan untuk sekolah lanjutan atau perguruan tinggi, pertimbangkan pula apakah ada rencana anak Anda untuk bersekolah di luar kota atau bahkan luar negeri?.

Sebab, kondisi tersebut memerlukan penghitungan yang lebih kompleks dan lengkap. Misalnya, bila Anda berencana menyekolahkan anak keluar negeri, tentu harus memperhitungkan pula biaya akomodasi, konsumsi, transportasi, dan kebutuhan hidup lainnya. Belum lagi biaya untuk pulang pergi kembali ke kampung halaman dan juga keperluan lainnya

Selanjutnya, perkirakanlah berapa banyak kenaikan rata-rata biaya tersebut setiap tahunnya. Hal ini digunakan untuk dapat menghitung berapa nilai anggaran itu beberapa tahun dari sekarang, ketika anak mulai memasuki sekolah tersebut.

Atur Anggaran untuk Setiap Anak
Setelah itu, persiapkan dana pendidikan untuk setiap anak. Jadi bila memiliki beberapa anak, maka pisahkan lah dana pendidikan untuk masing-masing. Hal ini, agar tiap anak memperoleh kepastian dan tidak terganggu oleh kebutuhan pendidikan saudaranya yang lain.

Untuk mempersiapkan dana tersebut, Anda dapat mengikuti asuransi pendidikan. Mengapa memilih asuransi pendidikan?. Karena, asuransi ini dapat memproteksi biaya pendidikan anak bila terjadi risiko kematian orangtua atau ketidakmampuan orangtua untuk mencari nafkah akibat cacat atau sakit.

Berpikir Realistis
Rancang anggaran pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan sampai anggaran pendidikan yang terlalu besar mengganggu anggaran Anda untuk kebutuhan primer lain yang juga penting.

Apabila anak menginginkan sekolah pada tempat atau jurusan dengan biaya yang sangat besar, coba pikirkan alternatif lain yang lebih terjangkau.

Solusi lainnya, Anda dapat mencoba mencari beasiswa. Tentu saja hal ini juga perlu dikomunikasikan pada buah hati Anda agar mereka siap dan juga mampu mencetak prestasi yang sesuai dengan tujuan tersebut.


Tirto.ID
Loading...

Komentar