oleh

Para Orangtua, Ini Cara Menangani Anak Remaja Menurut Islam

PortalMadura.com – Tentu para orangtua merasakan bahwa perkara mendidik anak menjadi pribadi yang berakhlak mulia bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Hal ini, karena diperlukan proses yang harus disertai dengan mencari pengetahuan dan cara yang tepat untuk mendidik anak sesuai dengan karakternya, khususnya anak remaja.

Zaman remaja merupakan satu perjalanan daripada zaman kanak-kanak menuju dewasa, mereka pun sudah tidak suka dianggap atau diperlakukan seperti masa kanak-kanak. Tidak jarang anak tidak setuju dan menentang aturan atau nasihat yang diberikan. Bahkan, saat ini tidak sedikit remaja yang terjerumus pergaulan bebas, memakai narkoba, atau melakukan hal negatif lainnya. Lalu, Bagaimana cara menanganinya?.

Berikut empat cara menangani anak remaja menurut Islam:

Kenali Mereka
Luangkan waktu untuk mengenal bagaimana pertumbuhan mereka. Pelajari kepribadian, minat, dan tujuan untuk mendapatkan kepercayaan anak remaja Anda.

Dengarkan
Mendengarkan adalah hal yang paling penting. Luangkan waktu untuk benar-benar mendengarkan apa yang anak remaja Anda katakan. Miliki kontak mata yang baik dan gunakan postur alami Anda untuk terlihat tertarik dengan apa yang mereka bicarakan.

Jangan Menghakimi
Jika mereka datang kepada Anda untuk meminta saran dan memercayai Anda untuk mendengarkan cerita mereka, jangan langsung menghakimi tentang keputusan atau pandangan mereka.

Namun, jangan ragu pula untuk mengungkapkan pendapat Anda. Yang terpenting adalah umpan balik yang positif dan konstruktif, membantu mengarahkan remaja Anda ke arah yang benar.

Mendukung dan Mendorong Mereka
Beri apresiasi pada setiap kerja keras anak remaja Anda. Mentoring anak remaja sangat bermanfaat, namun butuh banyak waktu dan kesabaran. Maka dari itu, tetaplah sabar dan biarkan mereka berkreasi. (okezone.com/Salimah)