Pasta Gigi Bisa Hilangkan Jerawat, Mitos Atau Fakta?

Avatar of PortalMadura.com
Pasta-Gigi-Bisa-Hilangkan-Jerawat,-Mitos-Atau-Fakta
Ilustrasi (sehatq.com)

PortalMadura.Com – Kenapa banyak orang khususunya kaum hawa yang risau ketika berjerawat?. Ya, karena masalah kulit ini sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika tersebut sampai menutupi area muka, tentu membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Sebenarnya banyak sekali cara yang ditawarkan untuk menghilangkan jerawat, salah satu yang populer yaitu menggunakan . Pasalnya, pasta ini hanya ditempelkan saja pada area wajah yang ditumbuhi jerawat atau sekitar badan lainnya. Berhubung harganya yang murah, tidak heran jika sebagian orang menggunakannya.

Namun, apakah benar pasta gigi bisa mengobati jerawat?. Dilansir Popmama.com dari Seventeen, berikut ini beberapa fakta atau mitos tentang pasta gigi untuk menghilangkan jerawat:

Pasta Gigi dapat Mengeringkan Jerawat Karena Bahan yang Dikandungnya

Sebenarnya, ide menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat sama sekali tidak berdasar. Beberapa bahan umum dalam pasta gigi seperti baking soda, peroksida, dan alkohol memang dapat membantu mengeringkan jerawat.

Ada juga merek pasta gigi yang mengandung triclosan, bahan yang melawan bakteri yang dianggap bisa cepat membuat jerawat kering. Tapi, bahan ini dianggap terlalu keras untuk digunakan pada kulit.

Pasta Gigi Bukan Dibuat untuk Kulit

Kulit sedikit lebih sensitif daripada gigi dan beberapa bahan dalam pasta gigi seperti fluoride dan methnol dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

“Pasta gigi dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan dermatitis kontak alergi,” kata Lauren Ploch, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Georgia Dermatology & Skin Cancer Centre.

Jika Ingin Tetap Gunakan Pasta Gigi, Ini yang Harus Anda Lakukan

Jika Anda telah terbiasa menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat. Sebaiknya, temukan merek pasta gigi yang bebas dari bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit.

Namun, sekali lagi pasta gigi bukan diformulasikan untuk kulit, oleh sebab itu Dr. Ploch merekomendasikan untuk mencari pasta gigi dengan benzoyl peroxide, bahan antibakteri yang akan membantu mengeringkan jerawat dan menyumbat pori-pori.

Anda juga dapat menggunakan es batu untuk mengurangi peradangan yang menyakitkan pada jerawat. Oleskan es batu pada jerawat untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Ada beberapa bahan dalam pasta gigi yang dapat efektif dalam mengurangi jerawat, tetapi bahan ini juga mengandung bahan keras yang dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat justru memerah.

Jika ada produk perawatan kulit yang memang dirancang ramah untuk kulit dan mampu mengatasi jerawat, mengapa tidak pilih itu saja untuk mengurangi jerawat yang mengganggu?.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.