Pebisnis, Ini 5 Hal yang Pengaruhi Harga Jual Secangkir Kopi

Avatar of PortalMadura.com
Pebisnis,-Ini-5-Hal-yang-Pengaruhi-Harga-Jual-Secangkir-Kopi
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Meminum sudah menjadi gaya hidup dan kebiasaan masyarakat, khususnya Indonesia. Bahkan bisa dikatakan banyak orang menjadikan kopi sebagai minuman wajib untuk dikonsumsi setiap hari sebelum atau saat bekerja.

Tingginya tingkat konsumsi kopi masyarakat itu menjadikan para pelaku bisnis kopi kian bermunculan. Bagaimana tidak, selain industri kopi semakin maju setiap tahunnya, coffee shop juga menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk digeluti.

Tapi sayangnya, belum semua pebisnis paham sepenuhnya tentang harga jual kopi itu sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat memengaruhi yang perlu diketahui oleh pebisnis baru sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (20/9/2021) dari laman Idntimes.com:

Pelanggan Coffee Shop

Siapa pelanggan setia di coffee shop? Apakah mereka adalah mahasiswa yang memiliki uang saku terbatas atau pekerja kantor yang sudah punya penghasilan? Tentunya pelanggan setia coffee shop adalah orang dari berbagai kalangan, tidak melulu mahasiswa atau pekerja kantoran saja.

Perlu diingat bahwa setiap pelanggan memiliki daya beli masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan harga jual dengan target pasar dari coffee shop-Anda.

Lokasi Coffee Shop

Di mana lokasi coffee shop Anda berada? Apakah di kota besar atau di kota kecil? Lokasi coffee shop adalah salah satu faktor yang bisa menentukan harga jual kopi, karena setiap lokasi dan daerah memiliki pendapatan relatif berbeda-beda.

Jadi, Anda bisa melihat harga jual secangkir espreso di coffee shop di wilayah Jakarta, yang memiliki harga yang jauh lebih mahal, ketimbang harga jual oleh coffee shop di luar Jakarta.

Coffee Shop Lain yang Menjadi Kompetitor

Dengan berkembangnya bisnis kopi yang semakin pesat, sangat penting untuk memperhatikan berapa harga jual kopi yang ditawarkan oleh kompetitor.

Hal ini dilakukan supaya Anda, sebagai pelaku bisnis, bisa mengetahui celah mana yang bisa dimanfaatkan untuk menambah harga kopi yang bisa Anda jual, sehingga Anda bisa mendapat penghasilan yang besar.

Modal yang Dikeluarkan untuk Membangun Bisnis

Mau seenak apa pun kopi yang dijual dan sebagus apa pun pelayanannya kepada pelanggan, kalau harga jual tidak bisa menutupi modal produksi, maka coffee shop tidak akan bertahan lama.

Terkadang para pelaku bisnis lupa untuk menghitung keuangan secara menyeluruh, seperti pajak dan biaya reparasi. Oleh karena itu, pastikan keuangan coffee shop terhitung dengan rapi.

Acara dan Menu Spesial Coffee Shop

Kalau menu yang dibuat dikhususkan untuk acara tertentu, coffee shop dapat meningkatkan harga jual menu tersebut karena ada faktor eksklusivitas dan faktor ketersediaannya. Menu yang dapat ditingkatkan harga jualnya ialah menu yang sedang ramai diminati orang, contohnya kopi dalgona yang pernah viral beberapa waktu lalu.

Beberapa hal di atas adalah faktor utama yang mempengaruhi harga jual secangkir kopi di coffee shop. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.