oleh

Pelanggar Protokol Kesehatan, KPU Sumenep Ingatkan Sanksi Pidana

PortalMadura.Com, Bangkalan – KPU Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengingatkan semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan pada penyelenggaraan Pilkada Sumenep 2020.

“Bila abai terhadap protokol kesehatan, ada sanksi pidana menanti,” tegas Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Rafiqi Tanzil, Sabtu (19/9/2020).

Larangan dan sanksi, kata dia, berlaku pada setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020.

“Semua telah diatur di PKPU Nomor 6 tahun 2020 pasal 11 ayat 1 dan 2 tentang protokol kesehatan,” jelasnya.

Larangan diterbitkan mengingat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 bertepatan dengan situasi pandemi Covid-19 dan kasusnya terus bertambah. Termasuk di Kabupaten Sumenep.

iklan hari santri

“Maka kami antisipasi adanya klaster baru Covid-19 yang diakibatkan kerumunan massa. Masyarakat dikhawatirkan terpapar Covid-19 dan enggan datang ke TPS,” katanya.

Bila terdapat para pihak yang melanggar protokol kesehatan yang dimaksud dalam ayat (1), PPK dan PPS bisa menegur yang bersangkutan untuk mematuhi aturan yang berlaku.

“Kemudian, di ayat (2) juga dijelaskan bahwa jika tetap tidak mengindahkan pada peraturan, PPK dan PPS melakukan koordunasi dengan Bawaslu kota, kecamatan untuk penerapan sanksi dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada,” urainya.

Pihaknya menjelaskan, PKPU nomor 4 tahun 2017 pasal 74 menyatakan, bila melakukan pelanggaran kampanye atas larangan pasal 68, akan masuk pada tiga kategori penindakan.

“Pidana, peringatan tertulis dan penghentian kampanye,” katanya mengingatkan.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.