oleh

Pelantikan Kades Diwarnai Aksi Demo

SAMPANG (PortalMadura) – Pelantikan Kepala Desa Apaan, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, diwarnai aksi demonstrasi, yang mengatas namakan aliansi masyarakat peludi Apa’an, Kamis (7/11/2013).

“Kenapa Kades terpilih Abd. Qodir harus dilantik. Padahal Pilkades Apaan banyak ditemukan kecurangan, jika pelantikan tetap dilakukan berarti bupati lebih memihak kepada yang salah. Kami mau bupati keluar sekarang untuk menemui kami,” teriak Ilyas Korlap Aksi.

Salah satu kecurangan yang sempat terdeteksi oleh warga, yakni jumlah surat suara melebihi daftar pemilih tetap (DPT). Sehingga sudah layak masuk kategori Pilkades Apa’an cacat hukum. “Masak surat suara bisa melebihi dari DPT, ini sangat mustahil, yang jelas kami sudah tidak percaya lagi terhadap bupati,” katanya.

Aksi warga tersebut tidak mendapat tanggapan dari bupati Sampang. Namun, Ilyas berjanji akan melanjutkan tuntutannya melalui jalur hukum yakni ke PTUN.

Dari pantauan Portalmadura di lapangan, setelah dua jam menduduki Pemkab Sampang, ratusan pendemo bergeser ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten  Sampang. Mereka meminta agar DPRD melalui Komisi A menindak lanjuti kasus tersebut.

Puas berorasi, aksi yang dekawal ketat aparat kepolisian tersebut membubarkan diri dengan tertib.(lora/htn)

-
-

Komentar