oleh

Pemerintah Akan Hentikan Impor 900 Komoditas

PortalMadura.Com, Jakarta – Pemerintah Indonesia sedang mengkaji penghentian impor 900 komoditas.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani seusai rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) di Jakarta.

Pemerintah sudah mengantungi nama-nama 900 komoditas konsumsi tersebut.dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (24/8/2018).

Namun, masih dilakukan kajian untuk mengetahui potensi dari kapasitas produksi dalam negeri saat impor tersebut dihentikan.

Selain itu, pihaknya juga masih mengkaji finalisasi dampaknya terhadap PPh impor pasal 22 untuk barang konsumsi. Tarif PPh yang diatur dalam peraturan tersebut bervariasi mulai dari 2,5 sampai 7,5 persen.

“Finalisasi tersebut membutuhkan waktu satu hingga dua minggu dan akan mulai diimplementasikan pada awal September mendatang,” jelas Menteri Sri.

Kajian tersebut akan melibatkan kementerian perdagangan dan kementerian perindustrian untuk melihat kesiapan industri dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan seandainya impor dihentikan.

Pemerintah juga akan secara tegas mengendalikan impor barang konsumsi, khususnya untuk barang-barang yang sudah dapat diproduksi di dalam negeri oleh industri kecil dan menengah.

Rencana penghentian impor 900 komoditas konsumsi merupakan langkah untuk memperbaiki defisit transaksi berjalan yang terus melebar karena pertumbuhan impor yang jauh melampaui pertumbuhan ekspor.

“Nantinya akan ada keputusan bersama yang mengatur teknis hasil kajian barang-barang impor tersebut,” kata Menteri Sri. (AA)

Komentar