Pemkab Pamekasan ‘Anak Tirikan’ Tanaman Tembakau

Avatar of PortalMadura.com
Pemkab Pamekasan 'Anak Tirikan' Tanaman Tembakau
dok. Tembakau

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dianggap kurang memerhatikan terhadap tanaman , karena sampai sekarang tidak ada penyuluhan tembakau kepada para petani.

Ketua Asosiasi Pengusaha Linting Rokok Pamekasan, Bambang Budianto menegaskan, selama ini pemerintah daerah hanya memberikan penyuluhan tentang tanaman jagung, kedelai dan padi. Akibatnya, para petani tembakau bercocok tanam secara tradisional.

“Belum ada penyuluhan khusus tentang tembakau, sehingga para petani kurang memahami bagaimana menanam tembakau yang baik. Akibatnya, para petani terkadang memanen tembakau meskipun daunnya masih muda dengan alasan harganya mahal,” katanya, Kamis (12/7/2018).

Dikatakan, para petani tembakau sejauh ini kurang memerhatikan kualitas lantaran kurangnya penyuluhan tersebut. Sebab, apabila petani memanen secara sembarangan berefek pada harga yang murah.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada pemkab agar memerhatikan tanaman tembakau ini dengan memberikan penyuluhan kepada petani,” pintanya.

Sementara itu, Humas Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distan PHP) Pamekasan, Aziz Jamil, mengaku sudah melakukan pendampingan kepada para petani tembakau. Salah satunya adalah tentang Break Event Point (BEP) tahun 2018 yang mencapai Rp 39 ribu per kilogram. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.