oleh

Pemprov Jatim Siap Bangun 2 Bandara di Kepulauan Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap membangun dua bandar udara (Bandara) di wilayah Kepulauan Sumenep, Madura, Jawa Timur yakni di Kecamatan Masalembu dan Kangean.

“Beberapa waktu lalu kami diundang Pemprov Jatim dalam rangka rapat koordinasi. Dalam pertemuan itu kami membahas rencana Pemprov Jatim untuk membangun bandara di Pulau Masalembu dan Kangean,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Moh Fadillah, Rabu (6/4/2016).

Ia menyampaikan, pembangunan dua bandara di wilayah Kepulauan Sumenep itu merupakan salah satu upaya pemerintah agar warga setempat mempunyai alat transportasi alternatif selain kapal.

“Kedua kecamatan itu memang sangat sulit dijangkau alat transportasi, utamanya pada saat cuaca buruk. Kalau sudah ada bandara, warga setempat tidak akan merasa terisolir lagi,” ucapnya.

Fadillah menerangkan, konsep pembangunan bandara di dua kecamatan kepulauan itu sebagai bandara perintis.

“Untuk bandara di Kangean akan dilakukan pembuatan baru. Rencananya di Desa Paseraman, Kecamatan Arjasa. Sedangkan di Masalembu rencananya akan memanfaatkan kembali eks bandara milik anak perusahaan milik PT Pertamina di Desa Sukajeruk, Kecamatan Masalembu,” jelasnya.

Pembangunan bandara di Kangean, bisa direalisasikan setelah Pemkab Sumenep menyelesaikan pembebasan lahan bandara.

“Sedangkan untuk bandara di Masalembu bisa direalisasikan setelah manajemen PT Pertamina menyetujui permohonan Pemprov Jatim,” imbuhnya. (arifin/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar