Pendidikan Karakter yang Perlu Ditanamkan pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
Pendidikan Karakter yang Perlu Ditanamkan pada Anak
Ilustrasi (educenter.id)

PortalMadura.Com – Anak-anak harus diberikan pendidikan pembentukan karakter sejak dini. harus ditanamkan sejak dini, dimungkinkan sejak balita sudah diajarkan bersikap sesuai norma yang berlaku.

Peran orang tua dan guru dalam penanaman nilai karakter sangat memberikan dampak yang cukup besar karena pola pikir anak akan terbentuk dengan lingkungan sekitarnya. Pendidikan karakter dapat dimulai dari rumah dengan cara yang sederhana seperti memberi contoh perilaku positif pada anak.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (21/7/2020) berikut ini 5 karakter positif yang dapat ditanamkan pada anak sejak dini.

Kedisiplinan

Kedisiplinan dapat dimulai ketika anak diberikan penjelasan tentang aturan dan batasan demi kebaikannya, ia dapat menaati aturan dengan baik. Ketika sudah terbiasa hidup disiplin, akan membantu anak untuk tumbuh menjadi lebih positif.

Mengajarkan kedisiplinan pada anak dapat membantu anak lebih mandiri. Anda dapat menerapkannya saat bermain dengan anak, seperti merapikan mainan setelah bermain. Ada waktunya anak untuk bermain dan ada waktunya dia untuk istirahat, dan ada waktunya dia untuk mengerjakan tugas sekolahnya.

Kejujuran

Saat usia anak 0-5 tahun, itu merupakan masa terbaik untuk tumbuh kembang otak dan fisiknya. Inilah mengapa sangat penting mengembangkan karakter kejujuran pada anak saat menginjak usia tersebut.

Anda dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya bersikap jujur, serta memberi contoh secara langsung. Kejujuran dapat diajarkan melalui buku cerita, dongeng, atau film. Tunjukkan pada anak bagaimana karakter-karakter jujur yang selalu mendapatkan kebaikan di akhir ceritanya.

Berempati

Pentingnya menanamkan rasa empati sejak dini agar ia dapat memahami perasaan orang lain. Berempati juga mengajarkan anak untuk merasakan bagaimana jika berada di posisi orang lain.

Anda dapat menerapkan rasa empati dari hal-hal seederhana, seperti mengucapkan terimakasih, membantu anak memahami kosakata emosi, selalu bersyukur, memuji hasil kerja orang lain, serta memberi contoh anak untuk menghargai perbedaan.

Berempati berguna ketika anak sudah mulai besar dan beranjak dewasa, ia lebih mudah untuk bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini dapat mengetahui bagaimana mereka memadukan keinginannya dengan orang lain.

Kemandirian

Saat anak menginjak usia sekolah, anak-anak perlu berpisah dengan orangtuanya untuk bersekolah, hingga pada usia dewasa untuk memiliki keluarga sendiri. Kemandirian menjadi hal penting untuk membuat anak tangguh dimanapun ia berada.

Kemandirian dapat diajarkan ketika Anda memberikan anak pujian saat mereka berhasil melakukan tugasnya sendiri, menunjukkan pentingnya tanggung jawab, dan bagaimana memberikan semangat pada diri sendiri. Anda harus menerapkannya secara konsisten agar anak dapat menyerap dan melakukan kebiasaan mandiri sejak dini.

Kepemimpinan

Menanamkan jiwa kepemimpinan salah satu karakter yang tidak kalah penting. Beberapa karakter pemimpin seperti membuat rencana, kerjasaman, negosiasi, toleransi, integritas, dan mengasah diri dapat diperkenalkan pada anak sejak dini. Anda dapat lakukan dengan cara memberikan anak tugas dalam kelompok bermain dan memberikan kesempatan untuk mengatur strateginya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.