oleh

Penegakan Hukum Prokes Covid-19, Bupati Pamekasan Kedepankan Kemanusiaan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar apel kesiagaan penegakan hukum Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 di monumen Arek Lancor, Kamis (17/9/2020).

Hadir dalam apel bersama tersebut, Kapolres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar, Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf Tejo Baskoro, Kajari Mukhlis, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang memimpin langsung apel itu menyampaikan, pelaksanaan apel sebagai upaya menegakkan kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Seperti memakai masker, jaga jarak dan lain sebagainya sesuai inpres nomor 6 tahun 2020 tentang penanggulangan wabah Covid-19.

“Kami menginginkan kabupaten ini bebas dari Covid-19, salah satu caranya adalah mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak dan lain sebagainya,” katanya saat memberikan sambutan.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekjend DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur ini menambahkan, pihaknya akan selalu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan serta hidup sehat. Tindakan berupa sanksi yang diberikan semata-mata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Tindakan kuratif yang kita lakukan orientasinya memberikan perlindungan serta memberikan nuansa dan atmosfer kesadaran masyarakat. Pilihan untuk menggunakan masker itu adalah pilihan terakhir kita dalam mendisiplinkan masyarakat,” tandasnya.

Sarjana Psikologi itu melanjutkan, pihaknya tetap mengedepankan kemanusiaan dengan memberikan edukasi secara inten kepada masyarakat. Pendekatan secara persuasif sangat efektif untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pola hidup sehat di tengah pandemi Covid-19.

“Pilihan terakhir adalah pemberian sanksi, itu pun harus dilakukan dengan cara yang baik. Semoga masyarakat Pamekasan senantiasa mentaati protokol kesehatan,” harap mantan Ketua PKC PMII Jawa Timur itu.

Sekjend IKA-PMII Jawa Timur itu berharap, segala upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona ini mendapatkan pertolongan dari Allah SWT dengan harapan besar wabah ini segera berakhir.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Oktaviana Dwi KK
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE