oleh

Kunci Rumah Tangga Bahagia Menurut Islam, Rahasia Hubungan Suami-Istri Harmonis

PortalMadura.Com – Semua orang pasti menginginkan kehidupan rumah tangga yang romantis, harmonis dan bahagia, serta dijauhi dari segala prahara yang bisa menyebabkan perceraian.

Hubungan yang sehat bisa memengaruhi panjangnya usia pernikahan hingga ajal menjemput. Hal itu bisa dilakukan dengan saling memberi perhatian satu sama lain, menanyakan kabar sesering mungkin saat lagi tidak bersama. Rasanya memang hal sepele, tapi dampaknya luar biasa untuk hubungan suami-istri agar tetap terjaga dan langgeng.

Nabi Muhammad SAW telah menunjukkan kepada kita bagaimana menjaga ikatan keluarga dalam Islam. Nabi suka menghabiskan waktu bersama keluarga dan selalu mengingatkan keluarganya untuk tetap berada di jalan yang benar dan berbuat baik.

Kunci Rumah Tangga Bahagia Menurut Islam

Dilansir dari laman parenting.orami.co.id, Kamis (17/9/2020), beberapa cara ini bisa dilakukan untuk mewujudkan rumah tangga bahagia dan harmonis menurut islam:

Memperkuat Hubungan dengan Allah SWT

Jangan pernah melupakan Allah SWT dalam setiap langkah kecil yang kita ambil dalam hidup. Mintalah bantuan-Nya untuk menjaga keluarga kita tetap kuat dan harmonis. Pasangan yang saling mencintai karena Allah juga akan semakin membuat rumah tangga bahagia dan harmonis, karena hubungan yang baik dengan Allah akan memengaruhi hubungan yang baik juga dengan pasangan.

Saling Menjaga Ibadah

Keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah tidak akan terwujud bila pasangan tidak menjaga ibadahnya dengan baik. Pasangan suami istri dapat meraih kebahagiaan jika mereka taat berada di jalan Allah SWT dan saling mengingatkan dalam hal beribadah dan mengingatkan juga kewajiban kita pada Allah SWT.

Saling Mencurahkan Perhatian

Suami-istri yang saling perhatian juga dapat membuat rumah tangga semakin harmonis dan bahagia. Bahkan sedikit perhatian kecil saja dapat membuat pasangan senang.

Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu berkualitas merupakan hal penting dalam menjaga ikatan keluarga. Melakukan banyak kegiatan rekreasi bersama, saling bercerita, dan melakukan aktivitas yang menyenangkan juga akan menumbuhkan cinta di tengah keluarga.

Bersyukur kepada Allah

Rasa syukur juga merupakan salah satu pondasi memiliki rumah tangga dan keluarga yang harmonis. Dengan bersyukur, suami akan membuat istrinya berada di jalan yang benar, begitu pun sebaliknya.

Bersabar Satu Sama Lain

Terkadang, ujian atau konflik dalam rumah tangga tak bisa kita hindari. Karenanya suami dan istri sebaiknya bisa saling jujur dan mempercayai satu sama lain. Bila salah satu pasangan berbuat kesalahan, pasangan lainnya harus bersabar menghadapinya.

Maafkan Kesalahan Mereka

Siapa pun yang memaafkan dan membuat rekonsiliasi, hadiahnya adalah [karena] dari Allah.” (QS. An-Nur: 22)

Manusia membuat kesalahan dari waktu ke waktu pada manusia lain, termasuk keluarga mereka sendiri. Jika tidak ingin keluarga kita terpisah, kita harus memaafkan mereka dengan hati yang besar.

… dan biarkan mereka memaafkan dan mengabaikannya. Apakah Anda tidak suka bahwa Allah akan memaafkan Anda?” (QS. An-Nur: 22)

Tidak Mudah Marah

Tidak hanya memaafkan kesalahan keluarga kita, kita juga harus menahan amarah kita terhadap orang lain.

Orang yang kuat bukanlah orang yang dapat mengalahkan orang lain (dalam gulat); sebaliknya, pria yang kuat adalah orang yang mengendalikan dirinya ketika dia marah.” (HR. Ahmad)

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : parenting.orami.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE