oleh

Pengendalian Manajemen Pada Organisasi Jasa Keuangan

Oleh : Hujjah Nujrul Ilma*

Sistem Pengendalian Manajemen

Sistem pegendalian manajemen adalah proses untuk memastikan langkah-langkah dalam operasi berjalan secara baik sesuai dengan yang telah direncanakan.

Proses pengendalian manajemen merupakan proses manajer atau pihak yang bertanggung jawab memastikan bahwa keryawan-karyawan dalam operasinya sudah menerapkan rencana yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Suatu organisasi harus dikendalikan, dengan kata lain diperlukan perangkat-perangkat untuk memastikan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai.

Pengendalian pada suatu entitas ini diibaratkan dengan mengemudikan sebuah mobil, seperti meninjak gas, memutarkan setir dan menekan rem, dalam menjalankan operasi itu sama halnya dengan mengendalikan arah dan kecepatan suatu mobil sehingga dapat tiba pada tempat yang di tuju.

Organisasi Jasa Keuangan

Organisasi jasa keuangan adalah organisasi atau perusahaan yang menangani pengelolaan dana atau uang, organisasi ini menyediakan pelayaaan bagi pelanggan.

Dengan perkembangan organisasi jasa keuangan pada saat ini, mengharuskan untuk meningkatkan kinerjanya dengan mengetahui pengendalian manajemennya secara baik.

Organisasi ini memiliki karakteristik secara khusus yaitu, aktiva moneter, jangka waktu produk, imbalan dan resiko, dan teknologi.

Pengendalian Manajemen Pada Organisasi Jasa Keuangan

Pengedalian manajemen pada organisasi merupakan hal yang sangat penting, karena upaya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan.

Efektivitas dalam mengendalikan organisasi khususnya pada jasa keuangan harus konsisten dengan meningkatnya aktivitas karyawan.

Adapun sistem kontrol yang digunakan dalam pengendalian yaitu mengontrol semua sumber daya, orang, alat, dan teknologi yang digunakan, serta semua organisasi yang memungkinkan proses untuk mengembangkan tujuan organisasinya dengan lancar.

Pengendalian dimulai dengan strategi dan metode evaluasi yang konprehensif, dan tidak memiliki perhitungan yang akurat, dimana pengendalian lebih berfokus pada sektor manusia karena tujuannya untuk membantu manajer menerapkan strategi organisasi daripada meningkatkan catatan keuangan secara rinci.(**)

*Penulis : Mahasiswi Semester 6, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Nim : 201810170311038

“Redaksi PortalMadura.Com menerima tulisan opini, artikel dan tulisan lainnya yang sifatnya memberi sumbangan pemikiran untuk kemajuan negeri ini. Dan semua isi tulisan di luar tanggung jawab Redaksi PortalMadura.Com”.

.
.

Komentar