oleh

Pengendang Hadrah Sumenep Viral Mendadak, Netizen Kepincut Ngundang

PortalMadura.Com, Sumenep – Kolaborasi seni musik hadrah dan gendang semakin berkembang di tengah tumbuhnya grup-grup hadrah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Bunyi gendang kadang lebih mendominasi, tetapi di jedah lain, suara hadrah justru yang dominan. Perpaduan musik timur tengah dan nusantara ini, menghasilkan instrumen makin syahdu, rancak dan indah.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Grup-grup hadrah yang kerap disebut Albanjari itu, kini mulai masuk pasaran hajatan pernikahan, seperti pada acara resepsi pernikahan. Dulu, lebih didominasi musik dangdut dan jenis musik lainnya.

Di tengah maraknya kolaborasi alat musik rebana dan gendang tersebut, grup-grup Albanjari tentu terus berbenah dan butuh anggota yang memiliki kemampuan memainkan gendang.

Misalnya, salah seorang pegandang yang tampil berkolaborasi dengan Albanjari, kini mendadak viral dan disukai para netizen karena kemampuannya memainkan gendang.

Penampilan seorang pegendang hadrah yang memukau itu, diunggah akun Tiktok portalmadura.tv, pada Kamis (9/9/2021).

Hingga pukul 08.30 WIB, Jumat (10/9/2021) sudah ditonton hingga 1,2 juta kali, 65,6 ribu disukai, 2.261 kali dibagikan dan mendapat komentar sebanyak 1.005. Pada data original sound tiktok, tercatat sudah banyak netizen yang menggunakannya.

Dari kemampuannya memainkan gendang tersebut, banyak netizen yang kepincut. Bahkan, ada yang ingin mengundang grup Albanjari yang menjadi tempat main musik hadrah si pria tersebut.

“ada yg tahu grup hadrahnya saya mo ngundang,” tulis pemilik akun tiktok @anaaris88_aregad, pada kolom komentar.

Ribuan netizen lainnya banyak yang senada. “harus vidio full nya nih ketagihan nontonya,” tulis @Heri.

ga bosen” dengernya enak banget adem,” tambah @Ugie

Siapa pria dalam potongan video tersebut?

Hasil penelusuran portalmadura.com, pria yang memainkan gendang itu disebut-sebut bernama Hendra.

tetangga ku namanya Hendra tuuh,” tulis pengguna akun tiktok @IM Coll, pada kolom kementar.

Sedangkan pada sejumlah video yang diunggah di laman YouTube, grup Albanjari itu berasal dari Desa Beraji, Kecamatan Gapura, Sumenep, tepatnya sebelah timur Pondok Pesantren Al-Karimiyah, asuhan KH. A Busyro Karim. Nama grupnya, Habsy El-Yasa.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar