oleh

Saatnya Melek Finansial Sedari Muda, Ini 5 Alasannya

PortalMadura.Com – Usia yang terbilang masih muda, belum menikah, apalagi sudah punya penghasilan tetap, bukan berarti menjadi peluang untuk menggunakan uang Anda hanya dengan berfoya-foya.

Memberi penghargaan pada diri sendiri dengan membeli sesuatu memang perlu, tapi akan lebih penting jika Anda tahu mengelola pendapatan.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mulai belajar mengatur keuangan dengan benar sejak dini. Mumpung anda saat ini masih muda dan tidak sedang banyak tanggungan.

Nah, berikut lima alasan Anda perlu melek finansial sedari muda seperti dilansir PortalMadura.Com, Jumat (10/9/2021) dari laman Idntimes.com. Cermati poinnya satu per satu:

Membuat Anda Lebih Bersemangat dan Rajin Bekerja

Siapa bilang mengelola keuangan itu ribet? Padahal jika telah menjadi kebiasaan anda akan justru akan terasa menyenangkan.

Gampangnya saja, Anda harus membagi penghasilan yang anda miliki menjadi tiga bagian. Pertama 50% untuk kebutuhan pokok, lalu 30% untuk self-reward dan yang terakhir sebesar 20% anda alokasikan untuk tabungan atau investasi.

Dengan tahu secara jelas nominal tiap bagian kebutuhan tersebut, Anda jadi terdorong untuk bekerja lebih keras lagi. Kenapa? agar nantinya uang yang dibagi semakin banyak..

Tidak ada lagi istilah malas bekerja. Justru Anda kian rajin dan semangat mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Anda Jadi Terbiasa Membedakan Mana Keinginan dan Kebutuhan

Secara teori semua orang pasti tahu mana hal yang termasuk keinginan dan mana yang benar-benar kebutuhan. Demikian pula dengan Anda.

Namun saat anda mengetahui cara mengelola keuangan yang baik dan benar, kedua istilah diatas tidak akan sekedar menjadi jadi teori saja. Akan tetapi anda dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

Anda akan terbiasa dalam memilih antara keiginan dan mana yang merupakan kebutuhan anda. Jadi, semua hal yang Anda perlukan itu bisa diutamakan.

Sementara segala keinginan yang sifatnya tidak mendesak bsia anda jadwalkan ulang dilain waktu terlebih dulu. Dan nantinya jika ada sisa dana, anda bisa mewujudkan keinginan itu.

Sadar akan Pentingnya Berinvestasi Membuat Anda Cermat dalam Mengelola Penghasilan

Sekarang Anda tidak hanya bekerja untuk menutup kebutuhan pokok saja. Syukur-syukur ada sisa buat mentraktir diri sendiri. Tapi karena sudah melek finansial, Anda jadi punya minat untuk berinvestasi.

Ketimbang sisa uang gaji yang anda miliki setiap bulanya hanya habis untuk kegiatan yang bisa ditekan seperti nongkrong dan beli sepatu, tentu akan lebih bermanfaat jika disisihkan untuk investasi.

Anda bisa membeli logam mulia mulai dari harga termurah dulu, sesuai budget yang dimiliki. Lama-lama bila dikumpulkan nominalnya jadi lumayan.

Apalagi harga emas itu bisa berlipat ganda jika disimpan lebih dari lima tahun dan setelah itu bisa anda tukar dengan tanah atau rumah. Menarik bukan?

Walaupun Masih Minim Tapi Gaji Anda Gak Pernah Cuma Numpang Lewat Saja

Pintar mengatur keuangan membuat Anda anti mengalami gaji yang cuma numpang lewat di rekening saja. Sebab Anda paham betul bagaimana membagi penghasilan Anda yang masih pas-pasan ini supaya gak nge-pas, tapi masih ada sisa untuk ditabung.

Bayangkan di akhir bulan Anda tidak perlu lagi masak mi instan setiap hari. Sebab semua kebutuhan pokok dalam sebulan seperti makan, transportasi, dan kebutuhan pokok lainya sudah terpenuhi. Memang bisa, ya? Tentu sangat bisa selama jika anda mempunyai keinginan kuat dalam belajar mengelola keuangan dengan bijak.

Baca Juga: Cara Membeli Saham Untuk Pemula

Sepuluh Tahun ke Depan Anda Bakal Menikmati Hasilnya

Jika anda hanya sekedar menghitung lama investasi tentu akan membutuhan waktu yang tidak sedikit, akan tetapai jika anda melihatnya dari potensi kondisi finansial yang akan anda capai pada sepuluh tahun mendatang tentu akan berbeda.

Hal tersebut tentu merupakan upaya anda sejak dini dalam belajar mengurus keuangan dengan benar dan tentunya, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Saat itulah Anda berhak menikmati kerja keras Anda ketika sudah tampak hasil  tabungan hingga investasi yang telah susah payah anda sisihkan.

Saat ini informasi tentang investasi maupun perencanaan keuangan banyak bertebaran di internet,  banyak influencer dan para pakar keuangan yang berbagi secara cuma-cuma. Maka seharusnya mengatur keuangan itu tidak sulit dan ribet.

Anda bisa belajar dari mereka dan langsung mempraktikkannya. Memang terasa berat di awal, tapi percayalah ini bakal berguna bagi Anda di kemudian hari. Mulai melek finansial sedari dini, yuk!.

Komentar