oleh

Pengusaha Kumpulkan Bantuan Alat Kesehatan Perangi Covid-19

PortalMadura.Com – Kalangan pengusaha mengumpulkan dana sebesar Rp500 miliar untuk membantu penanganan Covid-19.

, ujar Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani, Selasa.

“Kami berharap, donasi berbagai perusahaan mampu menggalang pendanaan hingga sebesar Rp500 miliar, akan sangat baik jika mencapai lebih dari itu,” Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani, Selasa (24/3/2020) saat konferensi pers dalam jaringan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Secara bertahap, para pengusaha sudah memberikan berbagai bantuan dalam bentuk peralatan seperti alat uji cepat (rapid test kit), alat perlindungan diri (APD atau personal protective equipment), alat bantu pernapasan (ventilator), serta masker.

Alat-alat tersebut didatangkan dari luar negeri dan diserahkan dalam bentuk barang, ujar Gandi Sulistiyanto, Managing Director Sinar Mas.

Para pengusaha menurut Gandi kesulitan transportasi untuk mengangkut bantuan tersebut.

Pihaknya sudah meminta Garuda Indonesia untuk mengalokasikan penerbangan mengangkut barang impor tersebut.

“Penyebaran virus yang cepat dan tak memilih korbannya mengingatkan kita akan pentingnya menggalang solidaritas dalam penanganan pandemi ini. Kami melihat Kementerian BUMN yang membawahi sejumlah entitas pelayanan publik mesti mendapatkan dukungan,” ujar Gandi.

Selasa ini perusahaan yang berkomitmen memberikan bantuan adalah Ciputra Group, First Resources Ltd., Mulia dan Wilmar International.

“Pemerintah sudah memfasilitasi lewat relaksasi perizinan impor alat kesehatan guna penanganan pandemi yang lebih cepat, aman dan menyeluruh.

Sebelumnya sejumlah perusahaan bergabung dalam inisiatif ‘Pengusaha Peduli NKRI’.

Di antaranya Astra International, Panin Group, PT Fajar Surya Wisesa Tbk., Wings Corporation, Rajawali Corporation, Garudafood, Nutrifood Indonesia, beserta FKS Group, PT Pan Brothers Tbk., PT Sritex Tbk., dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Kemudian KADIN, Tzu Chi bersama Sinar Mas, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, dan Triputra Group juga bergabung.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bank-bank milik pemerintah memberikan berkomitmen menurunkan suku bunga bukan saja untuk industri kecil dan menengah, namun juga untuk industri besar yang terkena dampak wabah Covid-19.

“Kalau insentif listrik dan Telkom nanti kita tunggu kebijakannya. Namun kita tahu kondisi para pengusaha,” ujar dia.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar